Share

10 Pemain Eropa yang Pernah Perkuat Persib, Nomor 3 Paling Bersinar

Oris Riswan, Okezone · Rabu 27 Desember 2017 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 27 49 1836337 10-pemain-eropa-yang-pernah-perkuat-persib-nomor-3-paling-bersinar-ko6H5i9xt3.jpg Vujovic saat masih membela Persib. (Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha)
A A A

PERSIB Bandung sempat diperkuat beberapa pemain asal Eropa. Tapi, tidak semua pemain menuai sukses di klub berjuluk 'Maung Bandung'. Bahkan, tercatat hanya dua pemain asal Eropa yang bisa membantu Persib meraih gelar juara.

Berikut ini Okezone sajikan para pemain Persib asal Eropa:

7. Rombongan Polandia

Rombongan pemain asal Polandia jadi gerbong pemain asing pertama di Persib. Mereka adalah Maciej Dolega, Piotr Orlinski, Mariusz Mucharski, dan pavel Bocjian.

Rombongan ini didatangkan pada 2003 oleh pelatih yang juga asal Polandia, yaitu Marek Andrzej Sledzianowski. Gebrakan Persib yang sebelumnya anti pemain asing justru berbuah sial. Didatangkannya para legiun Polandia itu justru membuat performa Persib terpuruk.

Tak ada penampilan istimewa dari para pemain asing tersebut. Pada tahun itu justru jadi titik nadir Persib yang terseok-seok hingga terancam degradasi.

Marek dan rombongan pemainnya pun akhirnya didepak Persib. Di pertengahan musim, Persib mendatangkan pelatih asal Cile, Juan Paez. Ia membawa rombongan pemain asal Cile, di antaranya Alejandro Tobar dan Claudio Lizama. Mereka sukses menghindarkan Persib dari degradasi setelah lolos dari fase playoff.

6. Zdravko Dragicevic

Pemain asal Montenegro ini memiliki nasib sial di Persib. Didatangkan pada musim 2011 di era pelatih Drago Mamic. Ia digadang-gadang jadi suksesor Cristian Gonzales yang hengkang ke Arema.

Dragicevic sempat bemain di laga pembuka Indonesia Premier League melawan Semen Padang. Performanya dinilai kurang apik. Manajemen pun memutus kontrak Dragicevic tanpa memberi kesempatan lebih panjang untuk membuktikan kemampuan terbaiknya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Leontin Chitescu

Pemain berkebangsaan Rumania itu didatangkan pada pertengahan musim 2007 dengan status pinjaman dari PSM Makassar. Bersama PSM, Leo sebenarnya tampil apik. Tapi di Persib penampilannya tidak istimewa.

Didatangkannya Leo oleh pelatih Arcan Iurie saat itu cukup kontroversial. Sebab, Iurie 'mengorbankan' Nyeck Nyobe dengan meminjamkannya ke Persela Lamongan di pertengahan musim.

Padahal, saat itu Nyeck Nyobe merupakan pilar tangguh Persib. Bahkan, saat masih diperkuat Nyeck, Persib memiliki pertahanan tangguh. Di paruh musim, Persib berstatus sebagai pemuncak klasemen. Setelah Nyeck keluar digantikan Leo, Persib justru gagal menuai gelar juara.

Didatangkannya Leo sendiri tidak lepas dari kekhawatiran Iurie. Sebab, saat itu Eka Ramdani berstatus pemain Tim Nasional yang harus menjalani pemusatan latihan jangka panjang. Leo diplot sebagai suksesor Eka di lini tengah Persib.

4. Miljan Radovic

(Foto: Bobotoh.id)

Playmaker asal Montenegro ini didatangkan pada pertengahan musim 2011/2012. Saat itu, ia memikat hati pelatih Daniel Roekito yang merupakan suksesor Drago Mamic.

Sempat diragukan karena usianya sudah tidak lagi muda, secara perlahan Radovic membuktikan kualitasnya. Ia jadi roh permainan Persib. Ia piawai mengatur permainan, memberikan umpan matang untuk sektor penyerangan, pintar mencetak gol, serta jadi raja tendangan bebas di Indonesia saat itu.

Ia memperkuat Persib selama 1,5 musim. Kontribusinya, ia sukses menyarangkan 17 gol dalam 47 laga. Ia terbilang pemain Eropa yang sukses di Persib dan jadi idola Bobotoh meski tidak memberi gelar juara.

3. Vladimir Vujovic

(Foto: Oris Riswan/Okezone)

Pemain asal Montenegro ini direkrut pelatih Djadjang Nurdjaman saat akan mengarungi ISL 2014. Ia menjadi benteng tangguh dan salah satu kunci Persib dalam menjuarai kompetisi saat itu.

Tangguh di pertahanan, garang, lugas, serta agak temperamental menjadi karakter yang melekat dalam diri Vlado. Ia pun cukup tajam dalam mencetak gol melalui kaki maupun kepalanya.

Ia merupakan pemain asing asal Eropa paling sukses di Persib. Ia meraih tiga gelar juara bersama 'Maung Bandung', yaitu ISL 2014, Piala Presiden 2015, dan Piala Presiden 2015.

Ia kini sudah memutuskan tak akan melanjutkan kariernya bersama Persib setelah Liga 1 2017 selesai. Belum diketahui ke mana Vlado akan melanjutkan kariernya.

2. Ilija Spasojevic

(Foto: Oris Riswan/Okezone)

Striker asal Montenegro ini didatangkan pelatih Djadjang Nurdjaman untuk mengarungi Piala Presiden 2015. Sempat dinilai tak sesuai ekspektrasi di awal-awal, Spaso menunjukkan kualitas sesungguhnya. Ia menjadi elemen penting Persib saat menjuarai Piala Presiden 2015.

Ia kemudian bermain di klub Malaysia, Melaka United, pada 2016. Saat itu, sepakbola Indonesia yang vakum karena disanksi FIFA membuat Spaso ke Malaysia agar tetap bisa bermain sepakbola.

Spaso kembali ke Indonesia pada paruh kedua Liga 1 2017. Bermain di Bhayangkara FC, ia turut berperan penting dalam membuat tim tersebut meraih gelar juara. Ia kemudian direkrut Bali United untuk mengarungi kompetisi musim depan.

Pemain yang kini sudah berstatus WNI itu jadi salah satu yang dirindukan Bobotoh untuk kembali memperkuat Persib selain Makan Konate. Banyak Bobotoh yang gagal move on melupakan Spaso. Tapi, Spaso belum berjodoh untuk kembali ke Persib.

1. Juan Carlos Belencoso

(Foto: Adam Erlangga/SINDO Photo)

Pemain asal Spanyol ini diboyong pelatih Dejan Antonic untuk mengarungi Torabika Soccer Championship 2016. Berstatus sebagai eks topskor Piala AFC bersama Kitchee FC (Hongkong), ekspektasi untuk Belencoso terlalu tinggi di Persib.

Jika bersama Kitchee mengoleksi 29 gol dalam 33 laga, ia justru melempem bersama Persib. Banyak yang menilai buruknya performa Belencoso karena minimnya suplai dari lini tengah Persib saat itu.

Kemampuan heading mematikan Belencoso pun tidak dilayani dengan crossing tajam dari para pemain sayap 'Maung Bandung'. Ia kemudian didepak Persib pada pertengahan musim. Ia melanjutkan kariernya ke Liga India.

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini