Share

Pisang Jenis Ini Kulitnya Bisa Dimakan, Harganya Bisa Bikin Syok!

Ajeng Dwiri Banyu, Okezone · Kamis 28 Desember 2017 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 28 298 1836774 pisang-jenis-ini-kulitnya-bisa-dimakan-harganya-bisa-bikin-syok-rEQ0qr8rbT.jpg Jenis pisang yang bisa dimakan beserta kulitnya (Foto: Independent)
A A A

UNTUK mendapatkan cukup nutrisi, Anda harus sering mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Kandungan vitamin dalam buah dapat membantu tubuh dalam memperbaiki ataupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu buah yang mudah kita jumpai adalah pisang.

Pisang dianggap sebagai buah yang paling mudah dimakan, berharga murah, dan rasanya enak. Namun, kebanyakan dari kita masih suka malas untuk memakannya karena harus mengupasnya terlebih dahulu. Nah, baru-baru ini petani pisang di Jepang menemukan inovasi baru, yaitu pisang yang bisa dimakan bersama dengan kulitnya.

Perlu diketahui bahwa 99% pisang yang ada di Jepang diekspor dari berbagai Negara. Untuk itu, akhirnya mereka mencoba sebuah metode yang bernama metode DNA dan berhasil menumbuhkan pisang yang dapat dimakan sepenuhnya. Pisang tersebut dinamakan pisang Mongee (mon-gay) atau dapat diartikan “luar biasa” dalam bahasa Jepang.

D&T Farm di Prefektur Okayama, Jepang menggunakan metode pembekuan cairan atau dengan menggunakan suhu dan kondisi seperti di pada zaman es, yaitu 20.000 tahun yang lalu. Petani dari D&T Farm membekukan bibit pisang sampai -60°C sebelum menanamnya kembali setelah bibit tersebut mencair.

Buah pisang pada umumnya membutuhkan waktu selama 2 tahun untuk tumbuh hingga mencapai kematangan yang pas, namun pisang Mongee hanya butuh waktu sekitar 4 bulan. Meskipun begitu, penjualan pisang Mongge hanya dibatasi sebanyak 10 pisang perminggunya. Tak heran 1 buah pisang ini dijual seharga $5.63 atau sekitar Rp70.000.

Ciri umum buah jika sudah bisa dimakan adalah munculnya bintik-bintik kecil berwarna cokelat pada permukaan kulitnya. Tekstur kulit yang terbilang tipis inilah yang menyebabkan kulit buah bisa dimakan dan tidak terasa pahit atau sepat.

“Kulit pisang adalah bahan yang sangat baik karena mengandung vitamin B6 dan magnesium yang berfungsi sebagai sintesis serotonin. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kulit buah yang matang memiliki efek penghambatan pada hipertrofi prostat.” ujar petani seperti dilansir Independent, Kamis (28/12/17).

Baca Juga:

Pisang Mongee memiliki rasa lebih manis dengan kandungan gula 24,8 gram, sementara pisang biasa hanya mengandung gula sebanyak 18,3 gram. Pisang ini hanya dapat ditemukan di supermarket Fruit Corner of Tenmanya Okayama. Nah, karena itu bagi Anda yang ingin mencicipi pisang ini harus pergi ke Prefetur Okayama.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini