Share

7 Makanan Perlu Dihindari Ibu Menyusui untuk Jaga Kualitas ASI

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Jum'at 29 Desember 2017 04:05 WIB
$detail['images_title']
Ibu menyusui (Foto: Livestrong)

SEPERTI yang para ibu tahu, kualitas dan rasa ASI yang dihasilkan saat menyusui dipengaruhi oleh makanan yang ibu konsumsi. Jika ibu menyusui memakan makanan yang bernutrisi maka ASI yang dihasilkan akan bagus pula untuk sang buah hati. Maka dari itu, penting sekali bagi ibu menyusui untuk mengetahui mana makanan yang baik dikonsumsi dengan yang tidak.

Dilansir dari Popsugar, Jumat (29/12/2017), beberapa makanan ini sebaiknya dihindari saat ibu sedang menyusui. Namun, jika kukuh hendak dikonsumsi, ada baiknya untuk tetap membatasi takarannya agar tidak berlebihan. Berkut penjelasannya di bawah ini.

Kopi dan cokelat

Meskipun meminum kopi adalah cara yang tepat untuk menghilangkan kantuk bagi ibu menyusui, sebaiknya tetap membatasi kafein saat menyusui, terutama saat bayi masih berusia 1—8 minggu, karena metabolisme bayi di usia tersebut masih belum sempurna. sementara jika ibu menyusui sangat menyukai cokelat, ada baiknya juga dihindari, sebab cokelat juga mengandung kafein.

Ikan yang mengandung merkuri

Merkuri adalah zat kimia yang dihasilkan dari limbah rumah tangga. Limbah tersebut biasanya dibuang ke sungai dan berakhir di laut. Zat ini pada dasarnya tidak berbahaya bagi orang normal yang memakannya, tetapi akan sedikit berpengaruh bagi ibu menyusui yang sedang menyusui. Maka dari itu, penting bagi ibu menyusui untuk membatasi ikan tidak lebih dari dua kali seminggu. Menurut FDA, ikan yang paling dihindari untuk ibu menyusui ialah ikan tuna dan ikan todak.

Papermint

Pentingnya menghindari segala makanan yang dihasilkan dari tumbuhan papermint, sebab mengonsumsi papermint akan mengurangi pasokan ASI ibu menyusui. Maka dari itu, hindari, ya!

Bawang putih

Bawang putih memiliki ciri khas aroma yang sangat menyengat yang mungkin tidak disukai oleh bayi. Dikhawatirkan si kecil akan menghindari payudara ibu dan merasa tidak nyaman. Maka dari itu, cobalah untuk membatasi asupan bawang putih.

Sugar

Mengonsumsi gula bisa membuat ibu menyusui menjadi dehidrasi. Sementara saat menyusui, ibu memerlukan banyak cairan dan nutrisi sehat. Jadi, batasi pengonsumsiannya, ya!

Baca Juga:

Jus jeruk

Meskipun tidak ada penelitian yang mendukung klaim ini, para ibu menyusui sering diberitahu agar menghindari jus jeruk dan mekanan berbahan sitrat lainnya, mengingat akan berpotensi kerusakan pada saluran pencernaan bayi. Namun jika minuman ini favorit ibu menyusui, untuk berjaga-jaga, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)