Share

2 Orang Jepang Meninggal Akibat Makan Kue Mochi, Kok Bisa?

Maharani Putri Sabillah, Okezone · Selasa 02 Januari 2018 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 02 298 1838870 2-orang-jepang-meninggal-akibat-makan-kue-mochi-kok-bisa-SCTCokcYmp.png Ilustrasi (Foto: Rocketnews24)
A A A

TENTU Anda mengetahui dan bahkan sudah pernah merasakan makanan mochi, bukan? Ya, kue Jepang bertekstur kenyal dan lengket yang terbuat dari beras ketan itu selalu hadir saat momen pergantian tahun.

Kue ini biasanya sering dimakan pada saat perayaan tahun baru Jepang karena dianggap sebagai simbol umur panjang. Namun, tampaknya kepercayaan tersebut malah bertentangan dengan kejadian yang baru-baru ini terjadi di Jepang.

Dilaporkan dari Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo bahwa pada 1 Januari tahun ini, ada 15 warga Tokyo dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis darurat karena tersedak saat menyantap kue mochi. Diketahui, usia mereka berkisar antara 55 hingga 90. Namun, nahas, 2 orang di antaranya yang berusia 50-an dan 80-an malah meninggal karena mochi yang ia lahap itu tersangkut di saluran pernapasan sehingga membuatnya tidak bisa bernapas.

Seperti yang kita ketahui, mochi memiliki tekstur yang sangat khas, yakni mempunyai rasa lembut saat pertama kali dimakan dan lama kelamaan menjadi lengket. Hal itulah yang membuat kue mochi sulit dimakan, terutama bagi lansia yang giginya sudah tidak dalam kondisi baik. Maka dari itu, banyak orang yang memakan kue mochi dengan cara menelannya daripada menggigitnya.

Dan setiap tahun, ada saja sejumlah lansia di Jepang yang tersedak saat memakan mochi di perayaan Tahun Baru.Kejadian tersebut tepatnya terjadi pada Tahun Baru 2015 silam, dilaporkan ada 9 orang meninggal akibat tersedak mochi. Dan kini, kejadian serupa terjadi kembali.

Baca Juga:

Pihak Departemen Pemadam Kebarakan itu pun memberi imbauan, terutama kepada para lansia agar jika hendak memakan kudapan mochi, sebaiknya dipotong dahulu menjadi bagian-bagian kecil, kemudian mengunyahnya sedikit demi sedikit, dan menelannya dengan hati-hati.

Departemen ini pun meminta kepada orang-orang agar selalu memperhatikan dan menawarkan bantuan kepada para lansia yang mengalami kesulitan menelan. Hal ini tentunya untuk mencegah peristiwa tersedak kue mochi yang bisa berujung kematian. Dikutip dari laman Rocketnews24, Selasa (2/1/2018).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini