Share

5 Musisi Ini Bikin Band Baru saat Vakum

Lidya Hidayati, Okezone · Kamis 04 Januari 2018 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 03 205 1839667 5-musisi-ini-bikin-band-baru-saat-vakum-KABDFfjX0s.jpg Musikimia Band (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA – Awal 2018 ini, grup band Nidji mengumumkan keputusan mereka untuk “tidur panjang” menyusul niat Giring untuk fokus ke politik dan konflik internal antar personel. Meski Nidji vakum, tapi para member memastikan jika mereka tak akan berhenti bermusik.

Sebagai alternatif, para member Nidji sudah menyiapkan grup lain untuk menampung hasrat bermusik mereka. Band sampingan para personel Nidji itu adalah NEV+ atau Nidji Electronic Version.

Rama, Ariel, Adri, Randy dan Andro menambahkan nama mereka menjadi NEV+ sebagai tanda bahwa ada sosok vokalis yang menjadi rekan kolaborasi mereka setiap manggung. Sejauh ini mereka telah menggandeng sejumlah solois yang ikut dalam aksi panggungnya.

Sebelum NEV+ lahir sebagai proyek sampingan para personel Nidji, sudah ada musisi-musisi Tanah Air yang juga membuat band sebagai side project mereka selain grup utama. Lima musisi lain yang juga pernah membuat grup sampingan adalah:

1. Uki ‘NOAH’

Karier bermusik Uki sempat terhenti ketika Peterpan vakum karena kasus yang membelit Ariel. Namun, Uki tak mau menyerah. Dalam kondisi demikian, suami Metha Yunatria Hikmah ini mengalihkan kemampuan bermusiknya ke grup band baru bentukannya. Pada 2010, Uki membentuk band bernama Astoria. Di awal terbentuknya, Astoria digawangi Uki, Gerry, Nayaka, dan Andre sebagai vokalis. Tapi setelah Uki mundur karena Peterpan terlahir kembali dengan nama NOAH, Astoria menggaet Gemma sebagai personel baru.

2. Eross ‘Sheila On 7’

Tak akan ada yang meragukan kemampuan bermusik seorang Eross Chandra. Musikalitasnya sudah diakui berbagai pihak. Kemampuannya menciptakan lagu sudah terbukti selama bertahun-tahun berkarier bersama Sheila On 7.

Di tengah kariernya bersama Sheila On 7, pria asal Yogyakarta itu juga sempat membentuk band bernama Jagostu bersama rekannya di Sheila On 7, Brian. Lagu Jagostu yang sempat booming di kalangan pecinta musik Tanah Air adalah Mau Tak Mau dan Ampun DJ.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Yovie Widianto

Dibanding semua nama di dalam artikel ini, mungkin hanya Yovie Widianto yang sukses berkarier di lebih dari dua grup sekaligus. Seperti yang kita ketahui, hingga detik ini, Yovie masih sama-sama aktif di Kahitna dan Yovie & Nuno.

Kahitna merupakan grup utama dan pertama Yovie. Namun, karena kemampuan bermusiknya yang tak bisa dibendung dan banyak karyanya yang tak cocok dengan Kahitna, Yovie akhirnya membentuk Yovie & Nuno yang hingga sekarang masih aktif di belantika musik Indonesia.

4. Musikimia

Seperti halnya NEV+ yang lahir karena Nidji vakum, Musikimia pun terbentuk karena Padi beristirahat panjang. Musikimia merupakan band bentukan empat personel Padi, yakni Fadly, Yoyo, Rindra, dan Ari pada 17 Agustus 2012.

Dalam sebuah wawancara dengan Okezone, Rindra sempat mengatakan jika Musikimia lahir karena dorongan Sobat Padi yang terus ingin mendengarkan karya Yoyo cs setelah Fadly memilih rehat. “Mereka yang sedari awal mendukung kami terus memompakan semangat agar kita tidak berhenti bermusik,” terang Rindra.

5. Oncy dan Enda ‘Ungu’

2014 silam, dua personel Ungu, yakni Enda dan Onci bekerja sama membuat band baru bernama Volmax. Enda dan Onci mengatakan jika Volmax merupakan band baru mereka yang akan mengusung genre musik dance dan elektro, yang jelas berbeda dengan Ungu. Meskipun melahirkan Volmax, tapi Oncy dan Enda hingga kini masih tetap bersama dengan Ungu, band utama yang membesarkan nama mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini