Share

Cokelat Akan Punah 30 Tahun Mendatang, Benarkah?

Maharani Putri Sabillah, Okezone · Rabu 03 Januari 2018 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 03 298 1839255 cokelat-akan-punah-30-tahun-mendatang-benarkah-peqFiVKAsA.jpg Ilustrasi (Foto: Metro)
A A A

SELAMA ini cokelat selalu memiliki ruang di hati para penggemarnya karena mempunyai rasa yang manis dan adiktif (membuat ketagihan). Maka, tidak heran jika cokelat banyak disukai oleh semua kalangan usia, baik dari yang muda hingga yang tua.

Namun sayangnya bagi Anda yang menyukai cokelat harus rela menerima informasi menyedihkan ini. Pasalnya, dilansir dari Metro, Rabu (3/01/2018), para ahli memprediksi bahwa dalam 30 tahun ke depan, tanaman kakao sebagai bahan dasar cokelat akan punah akibat pemanasan global, sehingga diramal pada 2048, para penikmat cokelat sudah tidak bisa menyantap makanan manis ini lagi.

Tanaman kakao sebagai bahan utama cokelat hanya bisa tumbuh dalam kondisi spesifik dan cukup sensitif, yakni dengan kelembapan dan curah hujan yang tinggi, tanah yang kaya nitrogen. Tetapi, pemanasan global yang kian terjadi membuat bumi menjadi semakin panas dari tahun ke tahun. Akibatnya, tanaman cokelat diprediksi tidak akan bertahan dalam kondisi demikian.

Selama ini, Ghana dan Pantai Gading menjadi tempat bagi tumbuhan kakao yang paling banyak ditanam. Diperkirakan, suhu di wilayah-wilayah tersebut akan meningkat setiap tahun, sehingga hal ini menyebabkan tanaman kakao mau tidak mau harus dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi, yakni pegunungan.

Namun, jika tanaman kakako dipindahkan ke daerah pegunungan maka akan menimbulkan masalah lain, yaitu mengganggu ekosistem satwa liar yang ada di sana. Selama ini pula, metode pertanian tanaman kakao tidak dilengkapi dengan peralatan yang memadai. Hal itu dijelaskan langsung oleh seorang ahli tanaman Doug Hawkins dari Hardman Agribusiness yang berbasis di London.

“Tidak seperti tanaman lain yang mendapat manfaat dari pengembangan teknik kultivar dan teknik pengelolaan hasil panen modern, lebih dari 90 persen tanaman kakao diproduksi oleh petani kecil dengan bahan tanam yang tidak sempurna,” katanya.

Baca Juga:

Faktor lain yang mendukung kepunahan cokelat ialah adanya permintaan akan produk cokelat yang selalu meningkat, sementara kondisi pertanian tanaman kakao tidak bisa memungkinkan untuk memenuhi permintaan tersebut.

“Semua indikatornya ialah kita bisa melihat defisit cokelat 100.000 ton per tahun dalam beberapa tahun ke depan,” lanjut Hawkins menanggapi kondisi memprihatinkan tersebut.

Namun bagi para penggemar cokelat, para ahli menyarankan agar tidak terlalu khawatir dan tidak terlalu panik dengan peristiwa ini, sebab mereka mengatakan bahwa masih ada waktu dan cara lain untuk menyelamatkan tanaman kakao sebelum semuanya terlambat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini