Share

Penampakan Durian Jawara, Bertekstur Kenyal, Legit Rasanya

krjogja.com, Jurnalis · Kamis 04 Januari 2018 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 04 298 1840070 penampakan-durian-jawara-bertekstur-kenyal-legit-rasanya-e8A34TOrYe.jpg
A A A

FESTIVAL Durian Karanganyar yang dihelat di Terminal Wisata mBangun Makutoromo Karangpandan, Kamis (04/01/2017), memunculkan jawara baru. Adalah durian milik Wando, warga Dusun Garet, Desa Pendem, Mojogedang, yang berhasil menyabet juara I.

"Biasanya, durian dari kebun saya ini dijual secara online. Ikutan lomba karena diajak Balai Penyuluh Pertanian Karangpandan. Alhamdulilah menang," kata pria yang menjabat perangkat Desa Pendem ini kepada wartawan usai pengumuman pemenang.

Dua butir durian milik Wando terpasang nomor urut 22. Sebanyak tiga anggota tim juri memberi penilaian bagi 26 peserta. Mereka menakar kualitasnya dari ketebalan daging, rasa, tekstur, pulen serta fisik menarik si raja buah.

Juara I berhak uang pembinaan Rp2 juta. Sedangkan juara II diraih warga Pablengan, Matesih, Wardoyo yang berhak Rp1,5 juta. Sedangkan juara III diraih warga Genengan, Jumantono, Paino yang membawa hadiah Rp1 juta.

Bagi Wando dan Wardoyo, mereka memiliki pasar segmen khusus peminat durian. Promosinya di media online cukup berhasil menarik para pembeli. "Punya saya berwarna kuning mentega. Berbeda dengan daging durian lokal lainnya yang berwarna pucat. Rasanya juga legit," katanya.

(Baca Juga: Bagai Pinang Dibelah Dua, Hijabers Asal Mesir Ini Mirip Penyanyi Dunia)

Festival Durian Karanganyar selain melombakan buah terbaik juga menjualnya sistem lelang. Panitia menjual 36 tenggok berisi masing-masing 10 butir durian.

Dibuka penawaran mulai Rp 1 juta per tenggok. Para pembeli rata-rata pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang diundang di acara itu. Mereka menawar Rp600 ribu sampai Rp400 ribu per tenggok.

(Baca Juga: 4 Jenis Durian Populer di Luar Negeri)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini