Share

MA India Anulir Kebijakan Putar Lagu Kebangsaan di Bioskop

Wikanto Arungbudoyo , Okezone · Rabu 10 Januari 2018 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 09 18 1842581 ma-india-anulir-kebijakan-putar-lagu-kebangsaan-di-bioskop-kaDisayAcN.jpg Warga India diwajibkan berdiri untuk menghormati lagu kebangsaan saat menonton film di bioskop (Foto: AFP)
A A A

NEW DELHI – Warga India untuk sementara waktu perlu khawatir lagi apabila menonton film di bioskop. Sebab, Mahkamah Agung membatalkan undang-undang yang mewajibkan pemutaran lagu kebangsaan ‘Jana Gana Mana’ sebelum pertunjukan filim di bioskop.

Melansir dari BBC, Rabu (10/1/2018), keputusan itu dikeluarkan pada Selasa 9 Januari untuk merespons permintaan dari pemerintah India agar mempertimbangkan ulang undang-undang kontroversial tersebut. Sebab, undang-undang itu menyebabkan puluhan orang ditahan karena menolak berdiri untuk menghormati lagu kebangsaan saat menonton di bioskop.

Undang-undang kontroversial itu diusulkan pada 2016 oleh Partai Bharatiya Janata yang berkuasa di India. Undang-undang itu ditentang oleh sebuah kelab pencinta film di Negara Bagian Kerala. Mereka berpendapat, memaksa bioskop memutar lagu kebangsaan sebelum film adalah pelanggaran terhadap hak-hak fundamental.

BACA JUGA: Bioskop India Wajib Pasang Lagu Kebangsaan Sebelum Pemutaran Film

Kelab tersebut lantas mengajukan petisi yang ditindaklanjuti oleh pemerintah India. Mahkamah Agung kemudian meminta pemerintah pada Oktober 2017 untuk memutuskan apakah berdiri saat lagu kebangsaan diputar di bioskop adalah sebuah kewajiban atau tidak.

Pemerintah India mengatakan bahwa telah membentuk panel guna menentukan isu tersebut. Mereka meminta agar Mahkamah Agung menganulir undang-undang itu untuk sementara waktu hingga ada keputusan bulat yang diambil.

Kebijakan tersebut diputuskan oleh Mahkamah Agung India pada 29 November 2016. Seluruh bioskop diwajibkan menutup pintunya ketika lagu kebangsaan diputar untuk mencegah penonton keluar-masuk dan semua orang wajib berdiri tanpa terkecuali.

Mahkamah Agung menjelaskan, kebijakan itu dibuat untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Pasalnya, negara memandang rasa nasionalisme dan cinta terhadap tanah air telah pupus dari sanubari masyarakat India belakangan ini.

BACA JUGA: Tolak Berdiri saat Lagu Kebangsaan Diputar, Penonton Bioskop Ditangkap 

Saat uji coba kebijakan tersebut pada Desember 2016, sedikitnya 20 orang ditangkap karena dianggap tidak menghormati lagu kebangsaan. Mereka menolak untuk berdiri saat lagu kebangsaan diperdengarkan di festival film internasional di Kerala pada 12 Desember 2016. Padahal, panita dan polisi sudah meminta mereka untuk menghormati lagu kebangsaan secara baik-baik.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini