Share

Catat! Ini 7 Makanan dan Minuman yang Dapat Menyebabkan Jerawat

Pradita Ananda, Okezone · Rabu 10 Januari 2018 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 10 298 1842897 catat-ini-7-makanan-dan-minuman-yang-dapat-menyebabkan-jerawat-kOlLPnllEX.jpg Ilustrasi (Foto: Ndtv)
A A A

SIAPA sih yang tidak sebal dan risih jika kulit wajahnya muncul jerawat? Tidak pria, tidak wanita, baik masih muda atupun sudah dewasa pasti akan sama merasa kesal kalau di wajahnya muncul jerawat.

Mungkin sebagian orang merasa bingung kenapa kulit wajahnya masih saja timbul jerawat, padahal sudah rutin membersihkan wajah pagi dan malam hari setiap harinya. Nah, sebagian orang tidak menyadari bahwa memang asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat, bukan hanya perkara malas membersihkan wajah saja.

Untuk menghindari timbulnya jerawat ini, selain aktivitas perawatan kulit wajah yang harus diperhatikan, begitu pun juga asupan makanan yang dikonsumsi. Berikut daftar makanan dan minuman yang harus dihindari untuk bisa mengurangi peluang timbulnya jerawat sehingga kulit wajah bisa mulus nan menawan, seperti dilansir Ndtv, Rabu (10/1/2018).

(Baca Juga: Tidak Rugi Doyan Makan Cokelat Putih, Ini 6 Manfaat dari Rasa Manisnya)

1. Susu dan produk olahannya

Meminum susu setiap hari memang sehat untuk tubuh dan sistem pencernaan. Namun perlu diperhatikan, kelebihan mengonsumsi susu juga diketahui dapat menyebabkan tubuh menghasilkan banyak insulin dan bisa dianggap insulinogenic. Susu juga bisa menyebabkan sistem pengiriman hormon padat dan hormon secara langsung terkait dengan jerawat. Jadi, jika Anda ingin kulit wajah tetap mulus bersih dari jerawat, maka hindari mengonsumsi minuman susu dan produk olahan susu secara berlebihan.

2. Roti

Gluten yang terdapat di dalam roti, tidak hanya dapat merusak usus halus tapi juga dapat meningkatkan peradangan di tubuh. Disebutkan, mengonsumsi roti dapat memunculkan kemungkinan antioksidan di tubuh menjadi terkuras. Maka dari itu, cobalah untuk perlahan-lahan mengurangi sampai benar-benar bisa menghilangkan roti dari daftar makanan yang biasa dimakan sehari-hari.

3. Bayam

Sayur bayam biasanya direkomendasikan untuk dimakan agar tubuh sehat dan kulit menjadi lebih bersih. Akan tetapi perlu diingat, mengkonsumsi bayam secara berlebihan dapat menyebabkan jerawat di wajah. Sebabnya karena bayam diketahui mengandung iodium dalam jumlah besar.

4. Fried foods

Makanan cepat saji bagi sebagian besar orang dapat memperburuk jerawat loh! Lemak-lemak yang ada di dalam makanan olahan yang digoreng ini dapat membuat kulit tampak tidak sehat dan bahkan bisa membuat akumulasi minyak berlebih.

(Baca Juga: Manis Legit Kue Rangi Khas Betawi, Cocok Disantap Pagi Hari)

5. Alkohol

Alkohol tidak hanya dapat memicu terjadinya peradangan tapi juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan kadar testosteron atau estrogen dalam tubuh. Asupan alkohol yang berlebihan dapat membuat tubuh berisiko kekurangan zinc, di mana zinc ini dianggap sebagai zat yang dapat melawan jerawat.

6. Kafein

Selain menyebabkan jerawat, kafein memiliki kecenderungan untuk berpengaruh pada kulit secara keseluruhan. Jika ingin kulit yang bersih nan mulus, ada baiknya untuk membatasi atau kalau bisa menghindari meminum kopi atau jenis apapun yang terdapat kandungan kafein di dalamnya.

7. Makanan pedas

Makanan bercita rasa pedas memang nikmat dan menggugah selera. Namun, berlebihan menyantap makanan pedas selain bisa membahayakan sistem pencernaan seperti memicu menyebabkan radang di saluran pencernaan, juga disebutkan dapat menghasilkan jerawat pada kulit.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini