Share

Terobosan Baru, Bawang Unik Enggak Bikin Nangis saat Dipotong!

Tiara Putri, Okezone · Rabu 10 Januari 2018 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 10 298 1842922 terobosan-baru-bawang-unik-enggak-bikin-nangis-saat-dipotong-UdfNXK2aDx.jpeg Bawang bombai (Foto: Huffingtonpost)
A A A

BANYAK orang yang mengeluarkan air mata saat memotong bawang. Hal itu dikarenakan bawang mengandung senyawa volatil yang berubah menjadi asam sulfat saat dipecah atau dipotong. Asam sulfat itulah yang membuat air keluar karena saraf mata hendak melindungi mata dari iritasi.

Keluarnya air mata saat memotong bawang mungkin membuat beberapa orang merasa tidak nyaman sehingga enggan melakukannya kembali. Beruntung kini telah ditemukan varian baru bawang yang bisa menurunkan kemungkinan seseorang menangis saat memotongnya yaitu sunions. Melansir Huffpost, Rabu (10/1/2018), sunions adalah jenis bawang tanpa sari dan bawang manis pertama yang tumbuh di Amerika Serikat.

 BACA JUGA:

Menurut perusahaan yang mengembangkannya, Bayer, bawang itu memiliki perbedaan dengan bawang pada umumnya. Bila pada bawang lain kandungan volatil meningkat saat disimpan dalam jangka panjang, kandungan volatil pada sunions malah berkurang. Hal itu membuat bawang tersebut kehilangan gas yang dapat memicu terjadinya air mata.

Dijelaskan oleh manajer penjualan Bayer, Lyndon Johnson, tidak ada rekayasa genetis untuk menghasilkan sunions. Bawang tersebut merupakan bawang hasil persilangan alami dari beberapa bawang. Pada 1980-an, beberapa petani melakukan skrining terhadap bawang untuk melihat kandungan volatilnya. Bawang-bawang yang kandungan volatilnya sedikit kemudian disilangkan untuk hasil terbaik. Waktu yang dibutuhkan pun tidak sebentar yaitu selama 30 tahun.

Melihat fakta di atas, bukan tidak mungkin bila bawang ini menjadi incaran orang-orang yang tak ingin menangis ketika memotongnya. Hal itu pun telah dipersiapkan oleh perusahaan pengembang. Mereka memastikan bawang akan segera ada di pasaran dan tidak habis dalam waktu singkat. Pasalnya bawang sudah melewati uji tes laboratium menggunakan paparan sinar matahari.

 BACA JUGA:

 Bawang Bombai si Bumbu Dapur Ajaib Penuh Khasiat

Adanya perbedaan kandungan senyawa pada sunions dengan bawang lainnya tidak begitu memengaruhi cita rasanya. Sunions menghasilkan rasa yang sama seperti bawang lainnya sehingga masih bisa digunakan sebagai bumbu masakan. Hanya saja rasanya memang kurang “menendang” bila dibandingkan dengan bawang pada umumnya. Begitu menempel di lidah, rasa bawang akan hilang dalam sekejap. Selain itu, rasanya pun menjadi lebih manis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini