Share

Ini Lho 5 Resolusi Sehat 2018 yang Gampang Banget Dicapai

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 14:16 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (shutterstock)

JAKARTA - Sudahkah Anda membuat resolusi tahun 2018? Apakah ada resolusi untuk kesehatan Anda di tahun ini? Bila belum, yuk simak ulasan berikut yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk hidup lebih sehat di tahun 2018, dan semoga seterusnya. Inspirasi resolusi tahun 2018 untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia, seperti dilansir dari hellosehat.com.

1. Memperbanyak minum air

Pastikan membiasakan minum air menjadi salah satu resolusi tahun 2018 Anda. Air sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda — dari mengatur suhu tubuh, memelihara kesehatan ginjal dan usus, menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah Anda dari dehidrasi, sembelit, mulut kering, dan penyakit ginjal.

Anda pasti sudah sering mendengar nasihat yang menekankan bahwa kita perlu minum air putih sebanyak 8 gelas air setiap hari, yang setara dengan 1,5 liter. Namun, tahukah Anda bahwa takaran ini sebenarnya kurang tepat? Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board menyatakan bahwa wanita sebenarnya memerlukan 2,6 liter air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter setiap hari.

Membiasakan diri untuk memperbanyak minum air putih bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya, membawa botol minum sendiri dengan desain yang menarik hati, atau mengonsumsi makanan pedas yang pasti bikin Anda ingin minum air.

Mendapatkan asupan cairan tubuh pun tak mesti melulu dari air putih, meski memang itu adalah pilihan terbaik Anda. Jika Anda tidak begitu suka dengan air putih, Anda bisa menyiasatinya dengan minum infused water (air putih yang diberi “perasa” potongan buah dan sayur hingga rempah-rempah), minum sup kaldu ayam, hingga makan buah dan sayur-sayuran yang mengandung banyak air.

2. Mengunyah makanan pelan-pelan

Apapun yang Anda makan tentu akan berdampak dengan kesehatan Anda. Bila ingin hidup sehat, tentu Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan seimbang. Namun, pilih-pilih makanan sehat saja belum cukup untuk dijadikan resolusi tahun 2018 ini.

Nasihat orangtua agar tidak boleh makan terlalu cepat ternyata sangat berguna untuk kesehatan Anda, lho. Mengunyah makanan terlalu cepat bisa meningkatkan risiko diabetes hingga dua kali lebih besar daripada mereka yang mengunyah makanan pelan-pelan hingga lebih halus.

Secara umum, mengunyah makanan dengan perlahan akan lebih memberikan rasa kenyang daripada makan terburu-buru. Pasalnya, makan terlalu cepat dapat membuat sistem pencernaan tidak memiliki waktu yang cukup untuk bekerja optimal, terutama dalam memberikan respon kenyang setelah makan. Semakin cepat Anda merasa lapar, Anda akan semakin rentan untuk mencari pelampiasan dengan camilan ringan yang tidak bergizi.

Selain itu, penelitian yang dilakukan Masaki Eto, MD, seorang profesor farmakologi dan kedokteran di Universitas Ohu Jepang, menemukan bahwa mengunyah makanan terlalu cepat ternyata membuat tubuh hanya sedikit melepaskan hormon glucagon-like peptide (GLP)-1 dan peptida YY (PYY). Keduanya berperan penting dalam pengaturan gula darah yang berkaitan erat dengan resistensi insulin.

 

3. Lebih banyak jalan kaki dan naik tangga

Rutin olahraga adalah salah satu resolusi tahun baru yang populer dicanangkan banyak orang, yang sayangnya sering gugur di tengah jalan. Baiknya jangan muluk-muluk untuk memulai hidup aktif, apalagi jika Anda belum pernah terbiasa sebelumnya.

Awali dengan membiasakan jalan kaki setidaknya 30 menit sehari-10 menit sebelum bekerja (misalnya dari stasiun atau halte bus menuju kantor), 10 menit setelah makan siang, dan 10 menit setelah bekerja. Selain itu, memilih menaiki tangga daripada lift atau eskalator juga tanpa disadari bisa membantu membuat tubuh Anda lebih bugar.

Perubahan kecil ini, menurut kardiolog John Hopkins, Chiadi E. Ndumele, M.D., M.H.S., dapat membuat tubuh tetap aktif meski anda tidak suka berolahraga, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Jika Anda sudah mulai terbiasa, barulah buat perencanaan olahraga yang lebih matang lagi.

 

4. Tidur lebih teratur

Memiliki pola tidur yang lebih teratur dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, kurang tidur berisiko memicu kegemukan, diabetes, hipertensi, menurunkan gairah seks, memicu depresi, hingga membuat Anda lebih rentan terkena penyakit jantung (termasuk serangan jantung dan stroke).

Idealnya, orang dewasa pada umumnya butuh tidur 7-8 jam setiap malam. Maka dari itu, mulailah dengan memperbaiki pola tidur Anda lewat prinsip tidur bersih yang disebut dengan sleep hygiene. Yang perlu Anda lakukan di antaranya adalah:

- Kurangi mengonsumsi kafein di sore hari dan dekat waktu tidur.

- Hindari merokok dekat waktu tidur

- Hindari makan besar sebelum tidur.

Makan makanan berat, makanan berlemak atau gorengan, hidangan pedas, buah sitrus, dan minuman berkarbonasi terlalu dekat dengan waktu tidur dapat memicu gangguan pencernaan yang bikin tidur tidak nyenyak.

- Batasi waktu tidur siang. Sebaiknya tidur siang hanya 15-3o menit saja jika perlu, dan lakukan sebelum jam 3 sore.

- Jauhkan diri Anda dari apapun yang mengganggu. Cahaya lampu, ponsel, dan posisi bantal yang salah dapat menganggu tidur Anda.

- Buat kamar tidur Anda menjadi tempat yang ideal untuk tidur. Pastikan kamar tidur Anda adalah tempat yang gelap, sejuk, dan tenang. Suhu kamar ideal untuk tidur nyenyak adalah 20-23°C.

- Luangkan waktu untuk persiapan tidur selama 90 menit sebelum waktu tidur Anda. Misalnya, jika Anda tahu Anda harusnya tidur pukul 11 malam, hentikan apapun aktivitas fisik yang memberatkan pada pukul 9.30, atau lebih cepat jika bisa.

- Tidur dan bangun di jam yang sama, pasang alarm untuk membantu Anda terbiasa dengan hal ini.

5. Mengurangi stres

Selain memerhatikan kesehatan tubuh, memelihara kesehatan mental juga sama pentingnya dijadikan salah satu resolusi tahun 2018. Semua orang pasti pernah dan akan mengalami stres dalam hidupnya. Akan tetapi, jangan biarkan stres berlarut-larut menumpuk dalam pikiran. Stres berat telah dikaitkan dengan banyak masalah serius, mulai dari rambut rontok, penyakit gusi dan gigi, kenaikan berat badan, hingga memicu perkembangan gangguan jiwa seperti depresi, gangguan kecemasan, hingga gangguan bipolar.

Ada berbagai cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stres harian. Mulai dari meditasi, yoga, menulis jurnal, mendengarkan musik, membaca buku, hingga menonton komedi untuk membuat Anda tertawa lepas. Bersyukur dan mendekatkan diri dengan Tuhan juga bisa dijadikan cara untuk mengelola stres sehari-hari.

Ingat, tidak ada kata terlambat untuk mulai hidup sehat!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)