Share

Penjelasan Panitia Atas Kemenangan BTS di Golden Disk Awards ke-32

Nisrina Dliyaul Awliya, Okezone · Jum'at 12 Januari 2018 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 12 205 1843941 penjelasan-panitia-atas-kemenangan-bts-di-golden-disc-awards-ke-32-AhUYKVh78u.jpg BTS usai menang di GDA ke-32 (Foto: BigHits Entertainment)
A A A

SEOUL - Komite penghargaan Golden Disk Awards ke-32 membagikan rincian penilaian di balik kemenangan BTS meraih penghargaan tertinggi atau Daesang dalam kategori album.

- Baca Juga: Tangis Lee Hi Pecah Nyanyikan Breathe Ciptaan Jonghyun di Golden Disk Awards Ke-32

Pada  Kamis 11 Januari 2018 kemarin, BTS berhasil membawa pulang penghargaan Golden Disk Awards pertama mereka. Tak main-main di penghargaan musik bergengsi Korea tersebut BTS langsung mendapatkan Daesang untuk album mereka "Love Yourself: Her”.

Melansir Soompi pada Jumat (12/1/2018). Setelah kemenangan itu, kantor berita Ilgan Sports berbagi sebuah laporan yang menjelaskan bagaimana Penghargaan Golden Disk ke-32 menentukan pemenangnya.

Menurut laporan tersebut, penghargaan dalam kategori album didasarkan pada data penjualan untuk album yang dirilis dari Desember 2016 sampai November 2017, dengan statistik dari Gaon Chart sampai Desember 2017. Dalam evaluasi untuk Bonsang dan Grand Prize, variasi dan album drama OST dikecualikan.

Album hanya disertakan jika mereka memiliki enam atau lebih lagu baru, tidak termasuk lagu intro, outro, dan instrumental, serta versi lagu yang berbeda yang pernah ada di album lain. Dalam kasus di mana artis memiliki lebih dari satu rilis selama periode yang ditentukan, album dengan penjualan tertinggi dipilih untuk dipertimbangkan.

Seperti kategori digital, total skor ditentukan 80 persen oleh penjualan dan 20 persen oleh evaluasi ahli. Standar penjualan dibuat oleh komite eksekutif Golden Disk Awards ke-32, yang mencakup pakar dari perusahaan distribusi dan industri musik populer.

Penjualan album tunggal diubah menjadi skor. Definisi "album tunggal" adalah lagu yang memiliki jumlah trek utama dan tanggal rilis yang sama, dan diproduksi dan didistribusikan di Korea. Dalam kasus sebuah album dengan yang menggunakan versi bahasa selain bahasa Korea, album tersebut akan dianggap sebagai satu album jika memenuhi kriteria ini, dengan penjualannya ditambahkan ke total penjualan.

Panitia eksekutif telah menyatakan, "Dalam kasus di mana sebuah album repackaged memenuhi semua kriteria, termasuk memiliki enam atau lebih lagu baru, kami mengevaluasinya seperti album lainnya sebagai album tunggal. Ini berarti album yang dikemas ulang bisa menang jika memiliki penjualan lebih tinggi daripada album penuh asli. "

Sementar album BTS sendiri, "Love Yourself: Her" telah tercatat 1.493.443 penjualan album, mereka mendapat nilai tertinggi untuk penjualan. Ini memiliki penjualan tertinggi untuk satu album sejak album keempat G.O.D yang keempat 16 tahun sebelumnya di tahun 2001.

Di tempat kedua adalah album keempat EXO "The War” yang mencatat penjualan 1.085.094. Ini adalah nomor penjualan untuk versi album Korea dan China, karena mereka memenuhi kriteria komite eksekutif untuk diproduksi di Korea dan memiliki tanggal rilis dan lagu yang sama.

BTS menjadi yang pertama dalam evaluasi panel ahli. Majelis hakim terdiri dari 30 ahli pada bidangnya, termasuk direktur produksi musik, direktur produksi radio, kritikus musik, distributor musik Korea, jurnalis musik, anggota komite eksekutif Golden Disk Awards, dan banyak lagi.

Grup yang juga sukses di Amerika Serikat ini mendapat skor 290 dari 300, yang tak lain merupakan skor tertinggi dari para juri. EXO mendapat nilai 211. Selain itu, ketika ditanya pilihan subjektif mereka untuk Grand Prize, 26 dari 30 hakim memilih BTS, yang merupakan nilai tertinggi.

- Baca Juga: Daftar Lengkap Pemenang Golden Disk Award Hari Pertama, IU Raih Daesang

Panitia eksekutif menjelaskan, "Pasar musik berubah dengan cepat, dan format dan metode pelepasan album fisik juga berubah. Penghargaan Golden Disc Awards akan terus menggunakan sistem evaluasi yang secara fleksibel mencerminkan tren dan pasang surut, dengan prinsip keadilan yang luas.”

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini