Share

Wisata Unik, Bidar Mini Jadi Langkah Awal Perkembangan Pariwisata Di Ogan Ilir

Melly Puspita, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 12 406 1844074 wisata-unik-bidar-mini-jadi-langkah-awal-perkembangan-pariwisata-di-ogan-ilir-GMrJtagqNT.jpg Bidar mini (Foto: Melly Puspita/Okezone)

PERAHU cepat atau Bidar yang oleh masyarakat di Ogan Ilir, Sumatera Selatan sering kali dibuat perlombaan dalam rangka HUT Ogan Ilir maupun acara 17 Agustus-an. Oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, Bidar Mini diadakan menjadi langkah awal untuk pengembangan sektor pariwisatanya.

Mempunyai wilayah rawa-rawa cukup luas yang dihiasi oleh anak Sungai Musi, pemandangan sapi dan kerbau yang berendam maupun burung bangau yang hilir mudik mencari makan menjadi daya tarik tersendiri di kabupaten ini.

Bidar Mini yang diadakan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir mampu menyedot perhatian masyarakat untuk datang ke Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu.

(Baca Juga: Target 20 Juta Kunjungan Wisata di 2019, Pemerintah Bisa Tarik Wisatawan MICE dengan Devisa Besar)

Desa Burai, Kecamatan Tanjung Batu menjelma menjadi desa Pariwisata karena keunikan serta keindahan pemandangan di area sekitar. Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir akan memberikan sentuhan di rumah-rumah penduduk sini yang notabennya terbuat dari papan dengan mengecat warna-warni rumah-rumah pinggir sungai ini.

Untuk berwisata di desa ini, akan ada speedboat yang siap mengantar melalui Sungai Kelekar dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit. Sungai Kelekar mempunyai air yang jernih, sehingga ikan di bawahnya bisa terlihat jelas.

Dari sungai ini speedboat juga akan mengantarkan wisatawan ke "pohon jomblo", yakni pohon besar di pinggir Sungai Kelekar yang tumbuh tanpa ada pohon besar lain di dekatnya. Sehingga penduduk di sini menyebutnya pohon jomblo.

"Alhamdulillah walaupun ini lomba Bidar Mini untuk HUT Ogan Ilir, Sekaligus sosialisasi desa ini dijadikan objek wisata, lebih tepat dan pas dilaksanakan di Desa Burai. Setiap tahun memang dilaksanakan tapi lokasinya berbeda," ucap Muhsin Abdullah ketua pelaksana lomba Bidar Mini tersebut.

(Baca Juga: Berwisata ke Penangkaran Buaya Terbesar se-Asia di Bekasi, Siap-Siap Merinding!)

Peserta yang hadir lebih kurang 60 peserta dari seluruh wilayah Ogan Ilir. Jarak tempuh lebih kurang 300 meter 5 pendayung 1 Bidar, itu dapat menarik perhatian wisatawan.

"Wisatawan akan menaiki speedboat yang disediakan menyusuri Sungai Kelekar sambil melihat pemandangan alam yang asri, melihat kampung warna-warni Desa Burai, mengunjungi pusat kuliner," jelas Muhsin kembali.

Selain pengecatan setiap rumah sepanjang Sungai Kelekar, masyarakat diminta harus menjaga secara bersama-sama dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban desa.

"Bagaimana wisatawan akan berkunjung jika tempat ini tidak aman, oleh sebab itu selain keindahan, keamanan juga penting," ucap Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini