Share

Keajaiban Air Mawar dan Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 15:08 WIB
$detail['images_title']

JAKARTA - Air mawar adalah ekstrak cairan yang terbuat dari air dan rendaman kelopak mawar. Biasanya cairan ini digunakan sebagai parfum karena aromanya yang terasa manis. Meski begitu, air mawar juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

Berbagai macam manfaat air mawar untuk kesehatan, seperti dilansir dari hellosehat.com:

1. Menjaga kesehatan kulit

Kulit rentan mengalami kerusakan dan penuaan dini akibat paparan sinar UV, bahan kimia, serta polusi. Nah, di sinilah guna air mawar untuk menjaga kesehatan kulit.

Ekstrak mawar alami memiliki sifat antiperadangan yang bisa menenangkan iritasi kulit, misalnya akibat eksim dan rosacea. Terlebih, air estrak mawar bisa mengurangi tampilan garis halus dan keriput di wajah. Tidak mengherankan jika Anda sering menemukan air mawar sebagai bahan toner dan pembersih muka yang banyak dijual di pasaran, bukan?

2. Mengatasi sakit tenggorokan

Saat sakit tenggorokan, Anda biasanya akan diberikan resep antibiotik atau obat-obatan lainnya. Namun, Anda juga bisa mencoba menyeduh kelopak bunga mawar segar untuk dijadikan teh herbal guna mempercepat proses pemulihannya.

Meski belum ada penelitian ilmiah yang mampu membuktikan manfaat air mawar ini, namun sifat peradangannya dipercaya ampuh meredakan gejala sakit tenggorokan. Tapi, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu mengenai penggunaan air bunga mawar untuk mengobati sakit tenggorokan.

3. Menjaga kesehatan otak dan menghilangkan stres

Menghirup aroma mawar bisa membangkitkan kembali mood yang buruk akibat stres harian. Dilansir dari Medical News Today, beragam penelitian menyatakan bahwa air mawar bersifat menenangkan karena kandungan antidepresan dan antikecemasannya.

Harumnya aroma mawar juga dipercaya memicu rasa kantuk dan efek rileksasi untuk menenangkan pikiran.

4. Untuk kesehatan pencernaan

Minum teh herbal mawar juga telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada sistem pencernaan Anda. Air ekstrak mawar bekerja meningkatkan aliran cairan empedu, yangbisa membantu mengatasi gejala keluhan pencernaan umum, termasuk perut kembung dan sakit perut.

Minum air rendaman kelopak mawar juga bisa berfungsi sebagai pencahar untuk memperlancar urusan BAB Anda, sekaligus mencegah sembelit.

Jangan sembarangan pakai, perhatikan juga beberapa hal berikut ini

Sebelum menggunakan air mawar untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, ada baiknya Anda menguji dulu apakah anda memiliki alergi terhadap air wangi ini. Pasalnya, ada beberapa orang yang ternyata memiliki alergi pada tanaman tertentu.

Coba oleskan sedikit air mawar ke punggung tangan atau belakang telinga Anda. Tunggu selama 24 jam dan perhatikan adakah reaksi alergi yang muncul, seperti kulit memerah, sensasi panas, atau kulit gatal. Jika setelah 24 jam Anda merasa baik-baik saja, ini tandanya Anda boleh menggunakan ekstrak mawar ini secara rutin.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)