Share

Ingin Kulit Bebas Jerawat? Hindari 6 Makanan Ini!

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 12:26 WIB
$detail['images_title']
Makanan penyebab jerawat (Foto:Ist)

KEHADIRAN jerawat bisa menjadi momen yang sangat menyebalkan, terutama saat mereka mulai bermunculan tepat di wajah. Dengan adanya jerawat, kadar kepercayaan diri menjadi berkurang. Seperti yang kita tahu, ada banyak faktor yang memengaruhi kedatangan jerawat. Selain karena hormon, ternyata bintik merah menyebalkan tersebut juga bisa disebabkan oleh makanan.

Anda mungkin tidak menyadarinya apabila makanan yang tengah Anda konsumsi ini ternyata bisa menjadi pemicu kehadiran jerawat. Berikut di bawah ini merupakan sejumlah makanan yang bisa menyebabkan munculnya jerawat, sebagaimana dilansir dari Ndtv (14/01/2018).

BACA JUGA:

Waspadai 4 Penyakit yang Ditularkan oleh Hewan Peliharaan Anda

1. Susu

Minum susu setiap hari pada dasarnya membuat tubuh menjadi sehat. Namun, ini mungkin tidak benar secara keseluruhan. Kelebihan susu bisa menyebabkan tubuh menghasilkan banyak insulin dan karenanya dianggap insulinogenic. Susu juga bisa meningkatkan hormon yang berkaitan dengan jerawat. Jadi, jika Anda ingin tetap bersih dari jerawat, maka jangan mengonsumsi susu berlebihan, ya!

 

2. Roti

Gluten yang hadir dalam roti tidak hanya merusak usus halus, tetapi juga meningkatkan peradangan di tubuh, sementara jerawat senidiri adalah kondisi peradangan karena sebum atau kelenjar minyak di kulit wajah yang terjebak di dalam pori-pori. Jadi, jika Anda ingin wajah Anda bebas jerawat, kurangi roti dari konsumsi harian pagi Anda.

3. Bayam

Bayam biasanya dianjurkan untuk menjadikan kulit sehat dan jernih. Namun, mengonsumsi bayam secara berlebihan dapat menyebabkan jerawat di wajah Anda. Hal ini terutama karena bayam mengandung iodium dalam jumlah besar, di mana untuk sebagian orang, iodium yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:

Jangan Lupa, Ini Vaksin yang Wajib Diberikan untuk Kucing dan Anjing Peliharaan

4. Gorengan

Makanan cepat saji yang digoreng dapat memperparah jerawat untuk sebagain besar. Lemak yang ada dalam makanan tersebut bisa membuat kulit terlihat tidak sehat dan bisa menyebabkan akumulasi minyak menjadi berlebih.

 

5. Alkohol

Alkohol tidak hanya bisa memicu peradangan, tetapi juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar testosteron atau estrogen dalam tubuh. Asupan alkohol yang berlebihan dapat membuat Anda berisiko kekurangan zinc dan seng yang dianggap sebagai zat pejuang melawan jerawat. Alkohol bagaimanapun tidak baik bagi tubuh. Maka dari itu, hindari, ya!

 

6. Makanan pedas

Selain bisa membahayakan sistem pencernaan, makanan pedas mengandung konten lemak sehingga untuk sebagian orang dapat memicu munculnya jerawat di kulit wajah. Jadi, jika Anda termasuk tipe orang yang seperti ini, sebaiknya batasi untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, ya!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)