Share

Inspiratif, Pria India Jual Makanan Hanya Rp1.000 untuk Orang Membutuhkan

Maharani Putri Sabillah, Okezone · Senin 15 Januari 2018 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 15 298 1845017 inspiratif-pria-india-jual-makanan-hanya-rp1-000-untuk-orang-membutuhkan-yd31V27LWj.jpg Makanan murah dari pria India (Foto:Idtv)
A A A

HIDUP ini sementara. Maka dari itu, pergunakan waktu yang ada untuk membuat hidup semakin bermakna. Caranya bisa dengan menyebarkan kebaikan kepada sesama dan membuat diri menjadi bermanfaat bagi orang lain.

Hidup seperti itulah yang diterapkan oleh pria asal India ini. Ia adalah Anoop Khanna, seorang aktivis yang sangat peduli terhadap lingkungan dan sosial. Berkat keacuhannya kepada orang tak mampu, ia membuat sebuah program yang bertujuan untuk menyediakan makanan berkualitas bagi orang yang membutuhkan hanya dengan Rs5 atau setara dengan Rp1.000. Program tersebut ia beri nama “Dadi ki Rasoi”.

Makanan berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau itu ia sajikan di daerah Noida, India. Menurut Sonu, manajer Anoop Khanna, aktivis sosial ini memulai programnya sejak ia dan ibunya sedang makan bersama di rumah, lalu tiba-tiba muncul sebuah ide untuk memberi makanan kepada orang-orang miskin. Gagasan tersebut bermula sejak dua setengah tahun lalu.

BACA JUGA:

Bayi Ganteng Mirip Robert Pattinson Jadi Viral di Media Sosial

Pada awalnya, makanan disiapkan untuk 15-20 orang tak mampu yang langsung dilayani di rumahnya. Namun, ternyata kegiatan bermanfaat tersebut mendapat banyak dukungan dari orang-orang sekitar. Kemudian, Anoop Khanna mulai membeli peralatan dapur seperti gas, kompor, dan membuka lapak di sisi jalan.

Sejak dibuka, program “Dadi ki Rasoi” telah menjadi hit besar di antara orang-orang dari berbagai kalangan. Program tersebut juga menyajikan menu berbeda setiap hari.

“Setiap hari menu berbeda, ragamnya meliputi dal, buncis hitam, kacang putih, nasi, sabzdi, dan acar. Pada hari Minggu, kami melayani menu khichdi,” kata Sonu, seperti dilansir dari Ndtv, Senin (15/01/2018).

Kini, “Dadi ki Rasoi” telah menyajikan makanan kepada lebih dari 500 orang per hari. Menyediakan makanan kepada banyak orang dengan harga murah memang memiliki tantangan sendiri. Namun, Sonu mengungkapkan bahwa berkat dukungan yang besar tersebut membuat program ini bisa berjalan dengan lancar.

“Awalnya kami membeli bahan baku dengan harga yang mahal, tetapi kemudian berkat dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemilik toko bahan baku, mereka memberi potongan harga untuk setiap produk yang dibeli,” ujar Sonu.

Dengan begitu, kualitas makanan tetap menjadi prioritas utama. Sonu mengatakan jika di tempat makan milik Anoop Khanna memiliki 4 kamera CCTV yang selalu memantau jika semuanya berjalan dengan baik.

BACA JUGA:

Ketiga Anaknya Meninggal di Tanggal yang Sama, Apa yang Sebetulnya Terjadi?

Alasan mengapa mereka tetap mematok harga dan tidak membiarkan makanan dijual dengan bebas biaya ialah karena mereka tidak ingin orang tak mampu tersebut kehilangan harga dirinya.

“Kami tidak menyediakan makanan secara gratis karena kami tidak mau orang miskin kehilangan harga diri mereka. Selain itu, kami tidak ingin memperlakukan orang miskin seperti pengemis,” ucap Sonu.

Selain makanan, Anoop Khanna juga menjual pakaian. Sonu berharap semoga warung Anoop Khanna bisa maju dan lebih berkembang. Selain itu, ia juga berharap semoga semakin banyak orang bisa mengikuti langkah program milik Anoop Khanna tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini