Share

Gurihnya Isian, Lembutnya Roti Bakpao Meleleh di Mulut

Sindonews, Sindonews · Senin 15 Januari 2018 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 15 298 1845054 gurihnya-isian-lembutnya-roti-bakpao-meleleh-di-mulut-ykpyD49ZFT.jpg Bakpao menggugah selera (Foto:Ilustrasi/Weebbly)
A A A

BAKPAO merupakan makanan tradisional Tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia. Pao itu berarti bungkusan dan bak berarti daging. Jadi, bakpao berarti bungkusan berisi daging. Bakpao dalam bahasa Hakka atau Khek yaitu nyukppao atau yugppao yang mempunyai arti sama, yaitu daging berbungkus.

Pada awalnya daging yang paling lazim digunakan adalah daging babi. Akan tetapi, baozi dapat diisi bahan lainnya, seperti daging ayam, sayur-sayuran, srikaya manis, selai kacang kedelai, kacang hijau.

BACA JUGA:

Inspiratif, Pria India Jual Makanan Hanya Rp1.000 untuk Orang Membutuhkan

Kulit bakpao dibuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi untuk mengembangkan adonan. Setelah diberikan isian, adonan dibiarkan sampai mengembang, lalu dikukus sampai matang. Untuk membedakan isi bakpao, tanpa daging atau vegetarian, biasanya di atas bakpao diberi titikan warna, demikian juga dengan isian lain yang diberi tanda warna berbeda-beda.

Jika ingin mencari rasa bakpao yang enak, datanglah ke restoran China. Ada dua di antaranya yang memiliki ragam bakpao khas dengan banyak macam isian. Misalnya di Imperial Kitchen, ada bakpao isi telur asin yang sempat booming dua tahun lalu, tetapi kini masih difavoritkan. Sudah terbayang gurihnya rasa telur asin dalam bakpao yang bertekstur lembut.

Sementara isian yang sudah sering ada dalam bakpao, seperti kacang merah maupun cokelat, juga masih bisa ditemui di restoran ini. Begitu juga ada isian daging ayam hingga bayam.

Adapun di Restoran Din Tai Fung, bakpao tiap tahunnya juga dibuat berbeda dengan karakter tertentu sesuai tahun baru China. Misalnya, sempat dibuat bakpao berbentuk monyet dan ayam dengan isian cokelat maupun kacang merah.

“Bakpao seperti ini biasanya dibuat untuk anak-anak agar terlihat lebih menarik untuk dimakan. Orang dewasa pun bisa tetap bisa memakannya,” ungkap Diana Samuel, Distric Manager Din Tai Fung.

Membuat bakpao sebenarnya tidak begitu sulit. Pertama, tergantung isiannya, seperti cokelat yang diambil dari cokelat batangan yang dimasukkan ke adonan bakpao atau isian telur asin yang sudah dicampurkan bahan tambahan lain.

BACA JUGA:

Bayi Ganteng Mirip Robert Pattinson Jadi Viral di Media Sosial

Sementara bakpao dibuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi agar mengembang. Adonan ini perlu didiamkan selama sekitar 15 menit.

Ada campuran bahan kedua yang juga terdiri dari terigu, baking powder, dan mentega, yang kemudian dimasukkan ke adonan pertama. Aduk adonan sampai kalis dan tidak lengket. Setelah jadi, letakkan adonan dalam wadah besar dengan ditutupi kain lap basah selama sekitar 45 menit supaya adonan mengembang.

Setelah mengembang, bentuk adonan menjadi bulatan sedang dan beri bahan isian. Kemudian, kukus selama sekitar 15 menit atau sampai matang. Ambil bakpao matang dan sajikan selagi hangat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini