Share

Munculnya Samar, Gejala Kanker Paru Tidak Boleh Diabaikan

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 17 Januari 2018 12:47 WIB
$detail['images_title']
Kanker paru dan gejalanya (Foto:Healthination)

PASIEN dengan kanker paru terkadang samar saat ingin mengetahui gejalanya. Padahal penyakit ini jadi pembunuh nomor satu yang efeknya kronis.

Data WHO menyebutkan, ada 7,6 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun disebabkan karena penyakit kanker. Data menunjukkan, ada kanker paru-paru yang menjadi pembunuh nomor satu di antara kanker lainnya.

Anda mungkin tahu bahwa batuk kronis yang menahun menjadi penanda munculnya kanker paru pada seseorang. Gejala awal ini jangan diabaikan karena bisa menimbulkan efek serius.

BACA JUGA:

Ahli Temukan Cara Unik Mendeteksi Gejala Parkinson Sejak Ini, Caranya dengan Mencium

Namun indikasi dari penyakit ini harus diketahui pasti oleh tenaga profesional. Daripada penasaran, Anda harus tahu gejalanya supaya lebih mudah untuk melakukan deteksi dini.

 

Bentuk jari samar

Penderita kanker paru biasanya menunjukkan jari tangan dan kaki melebar pada ujungnya, dan kuku melengkung dan menebal. Hal ini terjadi pada pasien kanker paru dengan osteoarthropathy paru hipertrofik. Ini memengaruhi sekira lima dari 100 orang dengan kanker tenggorok atau paru-paru. Tanpa disadari Anda bisa mengalaminya, sehingga harus waspada dengan penyakit itu lebih dini.

 

Leher dan wajah bengkak

Bengkak pada wajah dan leher juga bisa jadi pertanda kanker paru-paru. Awalnya karena tumor paru yang menekan pembuluh darah, yang mengantarkan darah ke jantung. Rasa tidak nyaman akan melanda, sehingga harus membuat Anda lebih cepat melakukan deteksi dini.

Nyeri tulang

Bila Anda mengalami rasa sakit di punggung atau pinggul juga bisa menjadi gejala kanker paru-paru. Menurut American Cancer Society, hal ini akan terjadi jika kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Saat nyeri tulang jangan diabaikan, karena bahayanya bisa membuat Anda tidak nyaman beraktivitas.

BACA JUGA:

Sedih! Bayi Perempuan Ini Punya Masalah Kesehatan Langka, Sang Ibu Memotretnya dan Kini Viral karena Dibully

Sakit kepala

Sel kanker mudah menyebar ke organ lain, termasuk bagian kepala dan otak. Sakit kepala datangnya terus-menerus sehingga dampaknya mengganggu aktivitas Anda. Karena itu, perhatian gejala lain selain sakit kepala, seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Kelelahan

Gejala kanker paru sangat melemahkan tubuh seseorang, pengaruhnya juga terhadap fungsi organ tubuh. Hal ini disebabkan oleh bahan kimia yang dilepaskan ke dalam darah akibat sel kanker. Bahan kimia itu bisa mempengaruhi kadar oksigen dalam darah, sehingga membuat orang menjadi lemah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)