Share

Lansia Hobi Berkebun Hidupnya Lebih Bahagia dan Awet Muda

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 17 Januari 2018 12:56 WIB
$detail['images_title']
Lansia (Foto: UMasslowell)

MEMANJAKAN berkebun mungkin tidak hanya membuat orang dewasa lebih tua tetap aktif namun juga meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mental mereka, menemukan sebuah studi.

Menjadi lansia seharusnya lebih bahagia agar tetap awet muda. Salah satu caranya yakni dengan melakukan kegiatan berkebun di rumah.

 BACA JUGA:

Baru Jadian Jangan Terlalu Sering Pacaran, Ini Alasannya Menurut Pakar

Biaya Photoshoot Seharga Rp3,3 Juta, tapi Keluarga Ini Dapatkan Hasil Foto yang Bikin Geleng-Geleng Kepala!

Wanita yang menghabiskan lebih dari tiga jam mengerjakan tugas rumah tangga sehari, termasuk berkebun bisa menjaga kesehatan fisik dan mental seorang lansia. Anda juga harus tidur cukup agar tubuh lebih bugar.

Berkebun terbukti dapat mencegah stres yang kerap dialami oleh lansia yang jarang memiliki aktivitas. Kegiatan ini juga bisa mencegah pikun di usia tua.

Maka tak salah jika seorang lansia wanita lebih banyak menghabiskan waktu untuk berkebun. Karena mentalnya terangsang dengan baik, termasuk juga fungsi otaknya.

Saat berkebun, ada banyak gerakan fisik dan ketelatenan saat bercocok tanam. Kegiatan ini boleh dicoba ketika Anda belum pernah menghabiskan waktu untuk berkebun.

"Saat berkebun ada aktivitas fisik yang fungsinya sama seperti olahraga. Kegiatan ini juga sudah terbukti merangsang mental, yang berkaitan dengan kesehatan fisik," kata Peneliti Nicholas Adjei di Leibniz Institute for Prevention Research and Epidemiology Jerman.

Namun, studi ini berpengaruh pada kesehatan pria lanjut usia. Karena wanita identik dengan pekerjaan rumah, seperti membersihkan rumah, memasak, serta menghabiskan waktu berkebun sejak mudanya.

"Pria hampir jarang melakukan banyak pekerjaan rumah tangga yang lebih aktif, seperti berkebun dan merawat tanaman. Mereka hanya lebih melakukan aktivitas fisik seperti menggali, memotong tanaman, dan mengangkut tanah," tambahnya.

Banyak penelitian yang menunjukkan, berkebun banyak manfaatnya yang menyenangkan. Semua lansia pasti akan menerima manfaat tersebut, yang akan dilakukannya setiap hari.

 BACA JUGA:

Menengok Pakaian Renang Jadul dan Tertutup di Era 1920-an

Sedih! Bayi Perempuan Ini Punya Masalah Kesehatan Langka, Sang Ibu Memotretnya dan Kini Viral karena Dibully

Untuk penelitian ini, peneliti melihat lebih dari 36.000 pensiunan yang suka berkebun. Hasilnya menunjukkan, orang yang suka berkebun bisa mencegah insomnia. Tak cuma itu, hatinya juga selalu bahagia saat menghadapi kesehariannya. Pasti setiap lansia menginginkan hal ini agar hidupnya lebih sehat dan bugar. Demikian dilansir Thehealthsite, Rabu (17/1/2018).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)