Share

Nasi Kuning 'Selamat Pagi', Tempat Sarapan Tertua di Manado

Subhan Sabu, Okezone · Jum'at 19 Januari 2018 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 19 298 1847256 nasi-kuning-selamat-pagi-tempat-sarapan-tertua-di-manado-FqudXqVrws.jpg Nasi Kuning Selamat Pagi (Foto: Subhan Sabu/Kontributor)
A A A

Jika Anda salah satu tipe orang yang wajib sarapan pagi, nasi kuning bisa menjadi pilihan menu Anda. Khususnya di Manado, nasi kuning sendiri banyak dijajakan di rumah makan. Salah satunya rumah makan nasi kuning Selamat Pagi yang berada di jalan Sudirman, Kampung Kodo, Manado, Sulawesi Utara.

Kalau biasanya nasi kuning lauknya menggunakan abon ikan cakalang, di tempat ini nasi kuningnya tergolong unik, karena menggunakan abon ikan tindarung sebagai lauknya.

Selain ikan tindarung, lauk sambal goreng daging sapi, semur daging sapi, kentang goreng dan telur membuat rumah makan ini jadi tempat makan favorit penikmat kuliner nasi kuning.

"Di hari biasa, sehari bisa habis sampai 30 kilogram beras, kalau hari minggu bisa sampai 50 kilogram beras," ujar Hj Nurain Suleman, pemilik rumah makan nasi kuning Selamat Pagi, Jumat (19/1/2018).

Satu porsi nasi kuning dijual seharga Rp24 ribu pakai telur dan Rp20 ribu tanpa telur. Setiap hari Ibu Hj Nurain bisa meraup keuntungan Rp5 juta

Nasi kuning selamat pagi merupakan salah satu yang tertua di Kota Manado, sejak zaman Jepang sudah ada, dahulu lokasinya berada di pasar 45 sebelum akhirnya sekira tahun 1974 pindah berjualan di Kampung Kodo.

Puluhan tahun nasi kuning Selamat Pagi tetap konsisten menjaga rasa dengan tetap menggunakan beras lokal jenis superwin yang dibudidayakan petani lokal.

Nasi kuning yang gurih dan pulen serta rasanya yang khas itulah yang membuat nasi kuning ini bukan hanya laris didatangi penikmat mulai dari kalangan orang biasa, pejabat, bahkan artis pernah mencicipi nasi kuning Selamat Pagi.

Bahkan menurut Nurain, nasi kuningnya pernah dipesan orang untuk dibawa ke luar negeri, seperti Jerman, Jepang dan Amerika Serikat. "Kalau orang China suka sekali dengan daging yang berkuah," tambah Nurain.

Dahulu nasi kuning selamat pagi buka 24 jam, kini hanya buka sejak pukul 05.00 wita sampai dengan pukul 24.00 Wita.

Kalau ke Manado sempatkan berkunjung ke sini ya, rasakan gurih dan nikmatnya nasi kuning selamat pagi, letaknya juga cukup strategis, dipinggir jalan raya dan dekat dengan pusat kota.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini