Share

Ibu Hamil di Atas Umur 35 Tahun Harus Sering Tidur Nyenyak untuk Menjaga Kesehatannya

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 19:22 WIB
$detail['images_title']
Ibu hamil (Foto: Momjunction)

WANITA yang hamil pada usia di atas 35 tahun memiliki kemungkinan risiko menyangkut kesehatan bayi yang dikandungnya. Menjauhi gaya hidup yang tidak baik bisa menjadi cara yang tepat untuk memulainya. Hindari juga pergi ke tempat-tempat yang memiliki banyak asap rokok karena kondisi tersebut sangat tidak sehat untuk ibu dan juga sang bayi.

Bagi wanita yang sudah berusia lebih dari 35 tahun memiliki kemungkinan komplikasi dan risiko penyakit lebih tinggi selama masa kehamilan. Oleh karena itu, para wanita ini harus selalu merawat dirinya sendiri selama masa kehamilan sampai proses persalinan agar memiliki bayi yang sehat.

BACA JUGA: 4 Cara Terbaik Obati Sakit Punggung, Meditasi Salah Satunya

“Kita harus mengerti bahwa ada banyak persiapan yang membantu dalam meningkatkan peluang melahirkan secara alami.” ujar Dr Mahima Bakshi seorang konsultan Kesehatan Wanita dan Anak oleh Ranbow Childrens Hospital.

Masalah seperti hipertensi, diabetes, ketidakseimbangan tiroid sangat umum dialami oleh wanita di atas 35 tahu. Untuk itu, para weanita harus benar-benar memastikan bahwa Anda dapat mempertimbangkan kesehatan dalam tingkat yangseimbang.

Melansir dari Hindustantimes, Jumat (19/1/18) ada beberapa hal yang harus ibu lakukan agar bisa melahirkan secara normal meski telah memasuki usia 35 tahun.

Pastikan Tidur Nyenyak

Tidur adalah hal yang sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Mencoba untuk memberikan pijatan ringan pada bahu dan kepala saat malam dapat menginduksi tidur. Hal lain yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan aroma terapi.

Olahraga

Olahraga bahkan saat masa kehamilan mampu membuat tubuh semakin fit. Sebelum berolahraga, coba untuk temui ahli dan mengonsultasikan olahraga yang cocok. Hindari juga berolahraga pada trisemester pertama.

Makan dengan Baik

Makan makanan kecil setiap dua jam sekali bisa membantu meningkatkan kesehatan para ibu hamil. Tambahkan juga salad dan buah ke dalam menu harian Anda. Pastikan juga untuk mengonsumsi cairan dalma jumlah yang cukup. Jangan biarkan perut kosong selama berjam-jam untuk mempertahankan kadar protein dalm tubuh.

 BACA JUGA: Penampakkan Hantu Bocah di Foto Sekelompok Perempuan Ini Jadi Viral, Bikin Merinding!

Jangan Duduk Terlalu

Untuk ibu hamil, melakukan gerakan seperti berjalan harus diterapkan setiap satu jam sekali. Berjalan sesekali dapat membantu dalam menjaga sirkulasi darah dalam tubuh sehingga meningkatkan stamina dalam proses persalinan alami.

Daftar Kelas Persalinan

Mendaftarkan diri pada kelas persalinan dengan seorang pelatih akan membantu Anda dan suami dalam mempersiapkan persalinan alami. Hal ini juga dapat mempermudah persalinan di kemudian hari.

Keluarkan Emosi

Wanita hamil memiliki perubahan hati yang berubah setiap saat. Perubahan hati biasanya membuat Anda kehilangan motivasi untuk tetap fit selama masa kehamilan. Untuk itu, berbicara dengan suami atau teman dekat bisa berguna untuk mengurangi perubahan suasana hati.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)