Share

Tren Kecantikan Baru di Medsos, Unggah Foto Selfie Tanpa Make-Up

Annisa Aprilia, Okezone · Senin 22 Januari 2018 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 22 194 1848543 tren-kecantikan-baru-di-medsos-unggah-foto-selfie-tanpa-make-up-Q7tHM8OkwN.jpg Tren baru di medsos, foto tanpa riasan (Foto: belle_lucia/Instagram)
A A A

SAAT ini di media sosial Instagram sedang hits sebuah tren baru. Jika sebelumnya para netizen wanita berbondong-bondong mengunggah foto cantik dengan riasan wajah, dengan adanya tren baru ini, para netizen wanita bisa lebih percaya diri meski tidak merias wajah.

Ya, tren tersebut diberi nama skin positivity, tren ini merupakan kegiatan mengunggah foto tanpa riasan wajah atau make-up ke media sosial. Tanpa riasan wajah, para wanita bisa memperlihatkan semua kekurangan wajahnya, seperti jerawat, mata panda, kantung mata, hingga bintik hitam atau frackles.

 (Baca Juga: Terungkap! Tanda Awal Pubertas di Usia 10 hingga 24 Tahun)

Mengunggah foto tanpa riasan dulu memang terlihat tabu dan aneh, termasuk ketika kali pertama pada 2015 seorang influencer bernama Em Ford mengunggah foto wajahnya yang berjerawat ke media sosial dan video berjudul You Look Disgusting. Dikutip dari laman Elle, Senin (22/1/2018), saat ini wanita yang lebih akrab disapa Ford tersebut masih mengirimkan foto wajahnya tanpa riasan ke akun instagram miliknya.

 

(Foto: belle_lucia/Instagram)

Selain di Instagram, Ford juga mengunggah video ke chanel YouTube-nya. Oleh karena aksinya yang kerap mengirim foto dan video tanpa riasan wajah ini, membuat dirinya termasuk dalam influencer yang mengikuti tren #skinpositifity. Sampai sekarang, tagar tersebut masih dilakukan oleh netizen wanita, dan sudah ada lebih dari 600 buah kirimin yang menggunakan tagar itu.

 (Baca Juga: Menelusuri Keunikan Wisata Kampung Primitif Banyuwangi)

Masih dari sumber yang sama, semakin banyak orang-orang yang menuliskan tagar #skinpositifity dan mengunggah foto tanpa riasan, akan semakin mendorong orang-orang untuk lebih merawat kulit dan mencegah tumbuhnya jerawat. Tidak hanya tagar skinpositifity, ada pula tagar #acnepositifity yang juga turut ditulis oleh para netizen.

 

 (Foto: briannagabrielaa/Instagram)

“Jerawat adalah keresahan besar bagi orang-orang di seluruh dunia,” tulis Ford baru-baru ini dalam surat terbuka yang ia tujukan pada Kendall Jenner.

Lebih lanjut, Ford juga mengungkapkan dirinya percaya, satu-satunya cara untuk bisa meringankan kekhawatiran orang-orang yang memiliki jerawat dan kelemahan wajah adalah dengan menjadi bagian dari mereka. Beruntung, setelah Ford memulai aksinya, banyak orang lain yang mengikuti akhirnya.

 (Baca Juga: Awas, Ini Bahaya Pakai Cat Kuku saat Hamil!)

  (Foto: myfacestory/Instagram)

Pada Oktober tahun lalu saja, Ford hampir selalu mengunggah selfienya tanpa riasan wajah dan selalu disertai beberapa kata pada keterangan fotonya terkait wanita harus melawan stigma soal kelemahan kulit. Menurut Ford juga, jerawat hanyalah pengingat yang harus dilupakan.

“Jerawat hanya sementara dan berfungsi sebagai pengingat penting. Jerawat juga sering saya lupakan,” tandas Ford.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini