Share

Jangan Anggap Remeh, Jambu Air Bisa Menangkal Kanker!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 14:50 WIB
$detail['images_title']
Jambu air (Foto: Topbuzz)

MASYARAKAT Indonesia cukup familiar dengan yang namanya jambu air. Buah yang satu ini biasanya ditemukan di beberapa halaman rumah atau juga memang kebun khusus. Yang jelas, buah ini adalah buah yang mudah ditemukan dan harganya pun sangat terjangkau.

Buah yang satu ini biasanya dimanfaatkan untuk camilan buah atau rujak yang segar dikonsumsi saat siang hari. Apalagi sambalnya super pedas, bikin lidah langsung bergoyang!

Nah, selain rasanya yang cenderung manis, ternyata buah satu ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh manusia, lho. Sedikit informasi, buah ini 95% mengandung air, makanya banyak orang yang akhirnya mengatakan bahwa buah ini sama dengan semangka yang kandungannya didominasi air.

Sementara itu, di beberapa negara, buah ini terkenal dengan istilah Malabar Plum atau Jambosier. Terkait dengan warna buahnya sendiri, jambu air memiliki berbagai varian, mulai dari warna merah, hijau, putih, hingga kuning. Walau warnanya berbeda, namun kasiatnya tetap sama. Lalu, apa sih sebetulnya manfaat jambu air untuk kesehatan tubuh?

Dikutip dari Topbuzz, Selasa (23/1/2018), jambu air ternyata bisa mengurangi risiko kanker. Diketahui bahwa kandungan buah jambu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, jambu air juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk mengobati diabetes.

Tak hanya itu, ada beberapa manfaat kesehatan lainnya dari jambu air ini. Berikut manfaat jambu air:

- Memerbaiki pencernaan

- Detoksifikasi hati

- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

- Mencegah kanker

- Mengurangi demam

- Mengurangi oksidasi kolesterol jahat

- Mengurangi serangan epilepsy

- Mengurangi infeksi jamur dan bakteri

Bicara mengenai kandungan buah ini, ternyata jambu air mengandung nutrisi yang berperan sebagai diuretic alami untuk mendetoksifikasi tubuh secara alami. Banyak penelitian menunjukkan bahwa buah ini bisa mencegah kanker payudara dan prostat. Selain itu, jambu air adalah sumber vitamin A dan C yang hebat, dan banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jambu ini secara teratur dapat mencegah kanker payudara dan prostat.

Terlebih lagi, buah ini memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang potensial, yang mana dapat mengurangi demam yang terkait dengan infeksi. Senyawa organik yang ditemukan dalamjambu air dapat mengatur gula darah yang pada gilirannya akan membantu diabetes. Jadi, jangan ragu untuk mencoba buah menyegarkan ini dan percayalah Anda akan melihat kekuatannya!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)