Share

7 Tanda Anda adalah Karyawan Kesayangan si Bos

Annisa Amalia Ikhsania, Okezone · Rabu 24 Januari 2018 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 24 196 1849594 7-tanda-anda-adalah-karyawan-kesayangan-si-bos-O3x5JblIKi.jpg Karyawan kesayangan bos (Foto:Themuse)
A A A

BISA menjadi kesayangan atasan di kantor merupakan keinginan setiap karyawan. Ya, tak hanya mempermudah kenaikan jabatan, menjadi karyawan kesayangan atasan juga bisa mendapatkan banyak pengalaman serta ilmu dari si bos.

Banyak orang berlomba-lomba agar bisa menjadi karyawan kesayangan di kantor. Biasanya si bos akan memperlihatkan gerak-gerik tertentu bila ada karyawan yang sukses mencuri perhatiannya.

Lantas, apa saja tanda-tanda bahwa Anda merupakan karyawan favorit bos? Berikut beberapa di antaranya, seperti dilansir Independent, Rabu (24/1/2018).

BACA JUGA:

Karier Melejit, Agatha Chelsea Tetap Utamakan Sekolah

Memberi peringatan

Suzanne Bates, CEO Bates Communications dan penulis All the Leader You Can Be, mengungkapkan bahwa sulit untuk mengetahui apakah atasan senang dengan kinerja karyawannya. Namun, seorang atasan yang melihat Anda sebagai orang yang menjanjikan bisa memberi Anda banyak umpan balik dan tidak semuanya positif.

"Beberapa di antaranya mungkin adalah peringatan, masukan, justru karena dia melihatmu sebagai seseorang yang bisa mengatasi beban tugas, dan siap untuk lebih bertanggung jawab," kata Suzanne.

Meminta masukan

Bruce Tulgan, pendiri Rainmaker Thinking dan penulis It's Okay to Manage Your Boss, mengungkapkan, bos sering meminta saran kepada karyawan yang mereka sukai dan percaya.

"Bila atasan sering meminta masukanmu secara pribadi atau dalam pertemuan kelompok, dan menyisakan banyak waktu untuk mengajakmu bicara, lalu merespons dengan baik apa yang Anda katakan -ini adalah tanda yang baik," ujarnya.

Tak selalu memberikan pujian

Kita mungkin berpikir bahwa seorang pemimpin akan selalu memuji karyawan yang disukai. Namun, Suzanne mencatat bahwa hal ini tidak selalu terjadi. Pasalnya, bisa saja bos mengira Anda sudah tahu bahwa reputasi Anda sudah baik, namun mereka tak ingin menunjukkannya.

"Atau, bisa saja dia lupa karena terlalu banyak prestasi yang sudah Anda lakukan," ucap Suzanne.

Dalam kondisi semacam ini, Suzanne merekomendasikan agar kita meminta bos memberi umpan balik dan menjelaskan bagaimana kinerja kita. Senada dengan Suzanne, Bruce juga mengatakan, karyawan memang seharusnya berinisiatif untuk meminta umpan balik pada pimpinannya.

"Anda harus selalu memastikan bahwa Anda mendapatkan ekspektasi yang jelas, dan Anda harus memantau kinerjamu setiap saat," kata Bruce. Setelah mendapatkan umpan balik dari kinerjamu, Bruce menyarankan agar kita mempertahankan atau malah meningkatkan kinerja baik.

Memberi lebih banyak tanggung jawab

Atasan sering kali memberi kepercayaan lebih kepada mereka yang dianggap paling berbakat. Bahkan, mungkin Anda juga bertanggung jawab atas kinerja rekan kerja lain. Ini merupakan bentuk kepercayaan yang baik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lebih menghargai karyawan

Saat rekan-rekan kerja Anda berjuang untuk memperbaiki kinerja, atasan Anda justru meminta rekan kerja yang lain untuk menemui Anda demi mendapatkan contoh yang bagus

"Jika atasanmu menyuruh orang lain menemuimu untuk mendapatkan panduan atau instruksi atau contoh kerja bagus, ini pertanda baik," kata Bruce.

BACA JUGA:

Bocah 6 Tahun Mencari Nafkah untuk Dirinya Sendiri, Kisahnya Menginspirasi

Ingin banyak mengetahui

Bruce mencatat bahwa bos akan selalu berusaha untuk 'memeriksa' pekerja yang dia sukai. Dia akan bertanya tentang apa yang membuat Anda senang, apakah Anda berencana untuk mengundurkan diri, dan bagaimana caranya agar perusahaan membuat Anda betah.

Well, bila begitu bos tidak sedang menginterogasi. Dia hanya memikirkan bagaimana caranya agar Anda betah bekerja di perusahaan yang dia pimpin. Itu bagus.

Meminta untuk mengajari rekan kerja lain

Jika atasan Anda terus-menerus meminta untuk menjelaskan hal-hal seputar pekerjaan untuk pegawai baru, mungkin ini akan terasa seperti menambah tugas.

Tapi, atasan Anda mungkin juga sangat terkesan dengan kemampuan Anda sehingga dia menginginkan kita membagikan ilmu kepada rekan kerja yang lain. Nah, gunakan ini sebagai kesempatan untuk mengasah kemampuan kepemimpinan dan menunjukkan keahlian Anda di kantor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini