Share

Asal Usul Gadis Cilik Bule Fasih Berbahasa Manado yang Sempat Viral

Subhan Sabu, Okezone · Kamis 25 Januari 2018 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 25 196 1850037 asal-usul-gadis-cilik-bule-fasih-berbahasa-manado-yang-sempat-viral-lVc1ufNi0b.jpeg Keke Samantha Mamesah (Foto: Facebook)
A A A

BELAKANGAN ini, masyarakat Manado, Sulawesi Utara dihebohkan dengan video yang lagi viral menampilkan seorang gadis cilik bule yang sangat fasih berbahasa Manado.

Dalam beberapa video yang dibagikan di sosial media menampilkan gadis cilik bule itu sedang beraktivitas di rumah sambil berbahasa Manado. Bahkan ada juga beberapa video yang memperlihatkan dirinya menyanyi lagu daerah dan lagu Manado dengan sangat fasih.

Ternyata Gadis cilik bule itu berdarah Indonesia, dan lahir dari pasangan orangtua yang kedua-duanya merupakan orang asli Minahasa, Sulawesi Utara.

Nama gadis kecil yang cantik itu adalah Samantha Nicole Mamesah, anak bungsu dari 6 bersaudara yang lahir dari pasangan Reky Mamesah dan Juriko Sumilat.

Reky Mamesah berdarah campuran Tompaso, Kawangkoan, Panasen, Passo Kakas, sementara sang isteri Juriko Sumilat berdarah Paslaten Kakas, Minahasa, Sulawesi Utara. Keduanya sudah 22 tahun tinggal di Amerika Serikat

Tiga orang kakak Samantha, yakni Claudia Gillian Mamesah, Bryan Gerald Mamesah dan Nichole Jessica Mamesah tinggal di Manado sementara Samantha dan dua kakaknya, Mathhew Nicolas Mamesah dan Rose Anastasya Mamesah tinggal di Victorville, California, Amerika Serikat.

Sejak kecil mereka sudah diajarkan berbicara dengan bahasa Manado dan bahasa Minahasa oleh kedua orangtuanya, bahkan sebelum lancar berbahasa Inggris, mereka lebih dahulu tahu berbahasa Manado

"Mereka bicara Manado kalau di rumah atau kalau jalan sama orangtua. Kalau mereka berbahasa Inggris saya tegur tidak boleh berbahasa Inggris kalau di rumah atau bersama orangtua, di sekolah ia kamu bahasa Inggris ok," jelas Reky Mamesah, ayah Samantha kepada Okezone, Rabu (24/1/2018).

Meski sudah cukup lama tinggal di Amerika, namun Reky mengaku bangga dan tidak pernah lupa akan tanah kelahiran mereka. Selain bahasa Manado, Bersama istrinya Reky mulai mengajarkan bahasa Minahasa kepada anak-anak mereka.

"Karena bahasa Kakas pun kami suami isteri lancar dan tidak pernah lupa serta bangga dan anak ini pun kita mulai ajarin bahasa Kakas," ujar Reky

Untuk itu Reky berpesan khususnya kepada orang Minahasa yang sudah tinggal di luar Minahasa apalagi di luar negeri agar tidak lupa dan selalu mengajarkan bahasa daerah kepada anak-anaknya.

"Itu merupakan salah satu keunikan dan modal leluhur kita yang harus kita lestarikan, jadi tidak usah gengsilah untuk mengajarkan kepada anak-anak kita," tutur Reky.

Video tentang aksi lucu Samantha sampai saat ini sudah ditonton jutaan orang dan ribuan kali dibagikan. Samantha bahkan sudah punya facebook sendiri dengan nama Keke Samantha Mamesah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini