Share

5 Cara Menghindari Makan Berlebihan di Malam Hari

Pradita Ananda, Okezone · Kamis 25 Januari 2018 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 25 298 1850002 5-cara-menghindari-makan-berlebihan-di-malam-hari-G5F2oFUXWC.jpg Mencegah makan berlebihan di malam hari (Foto:Ist)
A A A

SERING terdengar jika menu sarapan pagi hari sudah cukup berat, mengingat tubuh kita paling aktif di jam-jam pagi hari. Lalu kemudian diikuti dengan menu makan siang yang ringan, dan makan malam yang lebih ringan lagi.

Namun, kebanyakan dari kita malam lebih sering menyantap hidangan yang berat atau dengan kata lain cenderung makan berlebihan di malam hari, berkat kebiasaan makan yang tidak sehat atau sedang menghadiri pesta atau faktor lainnya.

Hal ini akhirnya membuat kita makan lebih banyak daripada kapasitas perut kita, meningkatnya jumlah kalori, yang notabene akhirnya juga menjadi menambahnya lemak.

BACA JUGA:

7 Perilaku Menjengkelkan Tidak Boleh Anda Lakukan saat Makan di Restoran

Lalu adakah cara yang bisa dilakukan untuk bisa menghindari makan berlebihan di malam hari? Melansir Ndtv, Kamis (25/1/2018) Anda bisa simak 5 caranya di bawah ini.

 

1. Wajib sarapan :

Setiap hari kita diwajibkan untuk sarapan di pagi hari. Mengapa? Karena jika sarapan ini terlewati, maka kemungkinan besar Anda akan makan berlebihan di malam hari. Melewatkan sarapan disebutkan dapat membuat rasa lapar terasa sepanjang hari, hingga akhirnya kita akan makan berlebihan dari kapasitas yang seharusnya. Selain itu, sarapan di pagi hari juga dapat membuat tubuh terhindar dari rasa lelah, sehingga membuat kita makan dengan jumlah atau porsi yang normal.

 

2. Sering makan :

Sering makan di sini maksudnya ialah, agar tidak merasa lapar saat makan malam, penting untuk sering makan makanan secara berkala sepanjang hari dalam porsi kecil. Makanan kecil ini akan memastikan perut kenyang, sehingga pada malam hari, makanan yang diasup akan lebih sedikit.

 

3. Minum air mineral sebelum sesi makan terakhir :

Air mineral disebutkan dapat membantu agar merasa kenyang. Oleh karena itu, pastikan minum satu atau dua gelas tepat sebelum makan malam. Air di perut akan bekerja sebagai penghalang makanan berlebih, membuat Anda makan dengan jumlah yang tepat. Lalu ingatlah untuk tidak meminum air di sela-sela kegiatan makan karena bisa mematikan pencernaan yang menjadi faktor penyebab terjadinya gangguan pencernaan.

BACA JUGA:

4 Selebriti Korea yang Makin Cantik dengan Rambut Bob Pendek

4. Masukkan lebih banyak protein di menu sarapan dan makan siang :

Jika tubuh terisi oleh asupan protein sepanjang hari, maka disebutkan kemungkinan besar bisa membantu tubuh untuk merasa kenyang atau kurang lapar di saat malam hari. Protein adalah molekul kompleks yang membutuhkan waktu untuk bisa pecah, sehingga membuat sulit dicerna. Mengonsumsi makanan kaya protein sepanjang hari dapat membantu kita merasa kenyang dan tidak terlalu lapar.

 

5. Mengunyah makanan dengan perlahan :

Tahukah bahwa otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk bisa mengetahui bahwa kita sedang makan untuk mengisi perut? Jadi jika makan dengan cepat atau terburu-buru, ada kemungkinan Anda akan makan lebih banyak sampai otak menandakan bebannya. Karena itu, pastikan makan dengan perlahan dan mengunyah makanan dengan benar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini