Share

Fenita Arie hingga Cinta Penelope Bongkar Cerita Kehidupan Sebelum dan Sesudah Hijrah

Miftahul Khoiriyah, Okezone · Sabtu 27 Januari 2018 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 27 33 1851078 fenita-arie-hingga-cinta-penelope-bongkar-cerita-kehidupan-sebelum-dan-sesudah-hijrah-EHGfMnewte.jpg Fenita dan Arie Untung (Foto: Instagram)
A A A

JAKARTA - Belakangan ini hijrah bisa disebut sebagai tren di kalangan selebriti Tanah Air. Kehidupan beberapa artis pun berubah drastis usai memutuskan hijrah mulai terkait pola hidup, pergaulan, hingga urusan pekerjaan. Tiga diantaranya adalah pasangan suami istri Arie Untung dan Fenita Arie, juga Cinta Penelopa yang tak sungkan membongkar kisah dalam hidupnya sebelum dan sesudah berhijrah.

Sebelum hijrah, Arie Untung ternyata sudah cukup lama merenung terkait kurangnya pengetahuannya terhadap Islam. Namun ia tidak benar-benar memperlihatkan keingintahuannya terhadap hal-hal berbau islami sehingga hanya melakukan beberapa hal dasar dalam agama yang diyakininya dan tak pernah ikut kajian islami demi memperdalam pengetahuannya sebagai laki-laki muslim.

Sejak tahun 2016, ia memutuskan hijrah dan semakin terbuka lantas langkahnya tersebut diikuti sang istri, Fenita Arie di pembukaan tahun 2018 dengan berhijab dan keluar dari program acara televisi yang dianggapnya tidak sejalan dengan hidupnya saat ini. Ia berbagi cerita kepada Okezone belum lama ini di kawasan Tendean, Jakarta Selatan.

(Baca Juga: Rumah Tessa Kaunang Digerebek Warga, Sandy Tumiwa Hadir)

(Baca Juga: Rumah Kontrakan Kebakaran, Nino Fernandez Dikabarkan Terluka)

"Sebenarnya lebih refill jatuhnya ya. Kalau giroh keislaman sama teman-teman kita sudah sejak dulu dan bikin grup. Dulu belum terlalu outbox keluar gitu tapi memang terlihat hijrah saya mulai menyuarakan sesuatu mulai tahun 2016. Saat itu saya ngerasa waktu saya keberpihakan saya ke ulama mungkin saat itu masih ngerasa saya kok sendirian gitu. Teman teman saya enggak ada di barisan yang sama jadi mungkin dianggap aneh lah. Banyak bully-an saat itu," cerita Arie Untung.

"Saat itu benar-benar enggak populer. Jatuh banyak cibiran, hujatan, bully-an segala macam. Di lingkungan kerja juga dianggap aneh tapi makin berjalan yang ternyata ada di jalan yang sama," imbuhnya.

Sementara itu, Fenita Arie lebih lama untuk merenung dan berpikir tentang hijrah. Sebelum hijrah, gaya pakaiannya pun terbuka dan selama delapan tahun terakhir sampai 30 Desember kemarin, ia dipercaya sebagai salah satu acara gosip di salah satu stasiun televisi.

Bagi Fenita, program tersebut dianggap tidak sejalan lagi dengan gaya hidupnya saat ini sehingga memutuskan untuk berhenti. Ada berbagai kisah sebelum ibu tiga orang anak ini mengenakan hijab, bahkan pergolakan hati yang cukup hebat. Tragedi kecelakaan air panas yang dialami beberapa waktu lalu juga merupakan bagian kecil yang membuat presenter berusia 31 tahun ini mantab berhijrah.

"Kalau keputusan aku stop dari program itu karena memang tidak sejalan lagi. Aku ingin menggunakan hijab otomatis dengan penampilan aku seperti ini tidak sejalan dengan program tersebut," ceritanya.

"Sempat aku ngalami pergolakan hati kenapa sih wanita muslimah harus berhijab akhirnya aku cari dasarnya, hadisnya apa yang menyatakan wanita muslim harus berhijab apa itu cuma tradisi doang. Jadi aku mencari tahu itu dan ternyata dari keingintahuan aku soal itu, Allah kasih jawaban luar biasa. Aku dapat jawaban memang itu wajib wajibnya seperti itu, wanita muslimah seperti itu. Dan kenapa wanita muslimah disuruh pakai hijab ya karena itu wanita dimuliakan," sambungnya.

Berbeda dengan Arie Untung dan Fenita Arie, Cinta Penelope bisa dibilang hidup dengan gaya glamor dan bebas sebelum hijrah. Tak hanya menjadi pedangdut, namun Cinta juga menekuni profesi DJ sehingga terkesan hidupnya lekat dengan dunia malam. Kini hijrah yang dipilih membuatnya lebih selektif memilih pekerjaan dan menggunakan pakaian syar'i karena takut akan siksaan atas perbuatannya di dunia.

"Di belakang layar sama buka usaha juga masih memproduksi film juga lagi berjalan. Enggak membatasi, cuma milih saja. Mungkin aku enggak bisa nge DJ lagi, nyanyi juga enggak kayak dulu yang pop enggak bisa terima. Kadang-kadang aku masih nyanyi dengan pilihan-pilihan lagu," ceritanya.

Terkait peristiwa ini, Ustadz Solmed pun ikut berkomentar dan bahagia dengan pilihan artis untuk hijrah. Ustadz Solmed menegaskan perbedaan hijrah pada zaman Nabi dan kondisi saat ini yang artinya perpindahan sifat dan gaya hidup menuju yang lebih baik.

"Saya dan semua menyambut bahagia saat mereka hijrah. Dari yang baik ke lebih baik tentu kita menyambut dan berbahagia. Hijrah itu secara maknawi dia pindah. Kalau dulu pindah tempat di jaman Nabi. Setelah menaklukkan kota Makkah, tidak ada hijrah. Berarti yang berhijrah adalah perilakunya, sikapnya, akhlaknya. Itulah hijrah," tutup Ustadz Solmed.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini