Share

Ini 5 Jenis Kacang Terbaik untuk Dikonsumsi Ketika Diet Turunkan Berat Badan

Pradita Ananda, Okezone · Selasa 30 Januari 2018 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 29 298 1851852 ini-5-jenis-kacang-terbaik-untuk-dikonsumsi-ketika-diet-turunkan-berat-badan-4KR3mus5RB.jpg Kacang hazelnut (Foto: Ndtv)
A A A

MENJALANI diet untuk menurunkan berat badan sudah sangat lazim dilakukan oleh banyak orang atau bahkan malah diri kita sendiri dan juga orang-orang di sekitar kita.

Dalam proses perjalanan diet menurunkan berat badan, penting sekali untuk memakan makanan yang tepat dalam jumlah porsi yang tepat pula. Nah, kacang-kacangan disebut menjadi salah satu makanan yang tepat untuk dikonsumsi.

Kacang-kacangan hadir dengan kandungan nutrisi yang tinggi, penuh dengan berbagai jenis vitamin, mineral, lemak, protein, dan juga serat. Kacang-kacangan juga dikenal bisa membantu untuk mengurangi berat badan dengan hadirnya kandungan serat dan protein yang ada di dalamnya.

 (Baca Juga: Sambil Nunggu Suami Lembur, Yuk Bikin Gurame Sambal Mangga dan Tahu Isi Ikan Saus Kacang)

Rachit Dua, selaku Certified Fitness Coach sekaligus Senior Fitness Consultant dari Team Aminder, menyebutkan kacang-kacangan menawarkan kombinasi yang indah dari lemak penting yang sehat untuk semua hormon vital, serat untuk kesehatan usus, protein untuk perbaikan dan pemulihan sel dan tentu saja karbohidrat untuk energi yang membuat Anda terus berstamina.

Namun, perlu diperhatikan tidak semua jenis kacang tepat untuk dimakan dengan fungsi manfaat untuk membantu menurunkan berat badan loh! Lalu jenis kacang apa saja sih sebenarnya yang bisa dikonsumsi untuk memperlancar diet menurunkan berat badan? Menyitat Ndtv, Selasa (30/1/2018) ini dia 5 jenis kacang paling baik untuk dikonsumsi ketika diet menurunkan berat badan.

1. Almonds

Almond mengandung sejumlah lemak sehat baik yang berguna bagi tubuh. Kacang jenis ini juga mengandung serat dalam jumlah yang baik yang membantu pencernaan makanan sehingga memastikan Anda bisa buang air besar dengan sehat. Almond juga memiliki kandungan protein tinggi karena tubuh dapat dengan mudah mengembangkan massa otot tanpa lemak. Lemak mono-tak jenuh mempertahankan dan mengurangi indeks massa tubuh kita.

 (Baca Juga: Bar di New York Ini Larang Pengunjungnya Mengucapkan Kata 'Literally')

2. Walnuts

Kenari adalah makanan padat nutrisi, dikemas dengan mineral seperti mangan dan tembaga. Kacang kenari disebutkan juga mengandung senyawa antioksidan yang dikenal sebagai asam ellagic yang membantu untuk menghalangi proses metabolisme seperti peradangan yang dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes. Kenari masuk sebagai jenis kacang yang dapat membantu menurunkan berat badan, karena hadirnya asam lemak omega-3, protein dan serat yang membuat kita merasa kenyang, sehingga mengurangi hasrat berlebihan untuk makan.

3. Kacang tanah

Peanuts walau bukan dari keluarga kacang, namun kandungan nutrisinya umumnya mirip dengan kacang. Kacang tanah sendiri dikemas dengan kandungan nutrisi termasuk serat, protein dan lemak sehat jantung. Protein dan serat ini lah yang bekerja untuk meningkatkan rasa kenyang, yang pada waktunya dapat membantu mengurangi rasa lapar, lalu selanjutnya membuat lebih mudah mengendalikan asupan kalori secara keseluruhan selama penurunan berat badan.

4. Pistachios

Pistachio atau pistas mengandung kandungan serat tinggi, yang bisa membuat perut kenyang lebih lama, sehingga mencegah konsumsi makanan dalam jumlah berlebihan. Serat yang ada dalam kacang ini juga membantu dalam meningkatkan metabolisme. Selain itu, lemak mono-tak jenuh dalam pista dapat membantu mencegah penambahan berat badan loh!

 (Baca Juga: Gaya Stylish Putri Beyonce, Blue Ivy Pakai Sepatu Hak Tinggi di Grammy Awards 2018)

5. Hazelnut

Kacang satu ini disebutkan sarat dengan serat makanan yang menjamin pencernaan lebih baik dan kesehatan usus yang baik. Di mana diet tinggi serat diketahui bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pencernaan. Mengonsumsi lebih banyak hazelnut dapat membantu manajemen berat badan karena membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Untuk mengonsumsi 5 jenis kacang ini, pastikan setidaknya makan segenggam atau 30 gram kacang ini untuk menurunkan berat badan, tentunya juga dikombinasi dengan olahraga dan diet sehat. Pastikan dulu Anda tidak alergi terhadap 5 jenis kacang yang disebutkan di atas ya!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini