Share

Manfaat Kandungan Asam pada Produk Perawatan Wajah, Mulai dari Retinol hingga Asam Salisilat

Tiara Putri, Okezone · Selasa 30 Januari 2018 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 30 194 1852056 manfaat-kandungan-asam-pada-produk-perawatan-wajah-mulai-dari-retinol-hingga-asam-salisilat-kgEOcEN5CE.jpg Ilustrasi (Foto: Skinoverhaul)
A A A

PRODUK kecantikan yang dijual di pasaran terkadang membuat perempuan bingung untuk membelinya. Beberapa produk yang sering dibeli untuk merawat wajah biasanya adalah krim pelembab, serum, pembersih, hingga toner. Kini muncul produk baru yang mulai menarik perhatian yaitu beauty acid.

Produk kecantikan itu mengandung asam yang diyakini dapat membuat kulit lebih jernih dan cerah apabila dipakai dengan dosis sesuai. Terdapat sejumlah jenis beauty acid yang penggunaannya harus disesuaikan dengan kondisi wajah.

Sebut saja pada produk yang mengandung AHA dan bekerja pada lapisan permukaan kulit saja sehingga mencerahkan kulit serta dapat digunakan oleh sebagian besar jenis kulit.

Kemudian ada produk yang mengandung BHA yang dapat menembus lebih dalam untuk mengangkat sel kulit mati serta mengatasi pori-pori tersumbat. Produk ini ideal untuk orang-orang yang memiliki kulit berjerawat, berminyak, serta komedo.

Melansir Independent, Selasa (30/1/2018), inilah penjelasan mengenai kandungan asam di dalam produk kecantikan:

Asam glikolat

Asam ini diklasifikasikan sebagai AHA dan sering disebut sebagai asam suci. Asam glikolat memiliki manfaat mengangkat sel kulit mati, memperbaiki tekstur yang tidak rata, serta mengatasi pigmentasi dan kulit kering. Beruntung semua jenis kulit bisa menggunakan produk yang mengandung asam ini. Termasuk dalam jenis AHA juga membuat asam glikolat lebih mudah menembus kulit karena ukuran molekulnya lebih kecil. Sebaiknya gunakan produk kecantikan yang mengandung asam ini setiap dua atau tiga hari sekali.

Asam salisilat

Masuk dalam golongan BHA membuat asam salisilat memiliki manfaat untuk mengecilkan pori-pori yang tersumbat, mengangkat komedo, serta mengurangi pertumbuhan bakteri. Produk kecantikan yang mengandung asam ini baik digunakan oleh perempuan yang memiliki kulit berjerawat. Namun bukan berarti perempuan jenis kulit lain tidak bisa menggunakannya. Asam salisilat mampu menembus kulit berminyak, membuat kulit tampak bersih, dan berfungsi sebagai antiinflamasi sehingga mencegah jerawat.

Asam hialuronik

Produk perawatan wajah yang tepat harus mengandung asam hialuronik. Asam ini membuat kulit tetap terhidrasi karena mempertahankan kelembapan.

Retinol

Bagi Anda yang ingin mencegah penuaan, bisa menggunakan produk yang mengandung asam ini. Selain kaya akan vitamin A, retinol juga terkenal karena sifat anti penuaan dan kemampuannya untuk mengatasi beberapa masalah kulit berbeda sekaligus. Sebut saja seperti kerusakan akibat sinar matahari, garis-garis halus, pori-pori, jerawat, dan tekstur wajah secara keseluruhan. Saat produk digunakan, asam ini akan bekerja keras untuk meningkatkan perputaran sel, merangsang produksi kolagen dan elastin, serta membuat kulit yang terhidrasi menjadi lebih halus dan kencang.

Sayangnya meskipun cocok untuk semua jenis kulit, bagi Anda yang memiliki eksim harus menghindari penggunaan sementara karena retinol bisa meningkatkan peradangan. Selain itu, asam ini memiliki potensi untuk membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar UV sehingga Anda disarankan menggunakan pelembap SPF 30 atau lebih.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini