Share

3 Jenis Makanan Rendah Kalori Bikin Makan Tetap Enak & Sehat

Tiara Amalina, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 14:23 WIB
$detail['images_title']
Makanan sehat rendah kalori (Foto:Alivebynature)

BANYAK orang yang sangat memperhatikan asupan kalori mereka, karena jika seseorang mengonsumsi kalori lebih dari takaran tubuh itu akan membuat tubuh menyimpan cadangan makanan dalam bentuk lemak.

Maka dari itu, seseorang yang mengabaikan asupan kalori cenderung mengalami kegemukan ataupun kekurangan gizi. Karena mereka mengabaikan atau mungkin tidak mengetahui berapa seharusnya jumlah kalori yang dikonsumsi per harinya.

Banyak orang yang kesulitan mengatur asupan kalori mereka karena menganggap makanan berkalori tinggi lebih enak dibanding makanan rendah kalori. Padahal sebenarnya jika kita cermati ada banyak makanan rendah kalori yang tak kalah lezat dibandingkan makanan biasa. Melansir Boldsky.com, Selasa (30/1/2017) ada beberapa bahan makanan dan cara menyajikannya dengan rasa yang luar biasa.

BACA JUGA:

Sama-Sama Ada Bercak Putih, Ini Beda Ciri Panu dan Kusta

Pilihan Lezat untuk Sayuran Segar:

Biasanya, sayuran yang memiliki kandungan air dan serat lebih banyak di dalamnya yang mana memiliki kalori rendah.

Jadi, sangat bagus memilih sayuran seperti itu dan Anda bisa menggabungkannya untuk membuat salad yang lezat.

Dua tangkai daun seledri hanya mengandung 13 kalori dan 1,2 g serat. Dua cangkir daun selada segar yang diparut halus mengandung 18 kalori dan 1,4 g serat.

Rata-rata ketimun mengandung 40 kalori dan 2 g serat. 1 tomat segar hanya mengandung 25 kalori dan 1,3 g serat. 1 wortel berair mengandung 30 kalori dan 2 g serat.

½ cangkir berisi kacang polong memberi 30 kalori dan 3,4 g serat. Sementara 1 cangkir batang jicama cincang memiliki 45 kalori dan 6 g serat. Jadi, semua sayuran ini dapat dimasukkan dengan aman dalam makanan sehari-hari untuk memenuhi rasa lapar dan dapat disajikan dengan yogurt buatan sendiri yang segar, atau saus krim asam dan saus pedas, untuk membuat salad lebih lezat.

Asupan Buah Segar Sehat:

Buah segar dan manis banyak disukai karena rasa dan kontribusinya terhadap kesehatan. Meski semua buah tidak menghasilkan kalori rendah, ada banyak buah rendah kalori yang lezat tersedia di pasaran. Menurut para ahli diet, 1 buah persik mengandung 37 kalori dan 1,6 g serat. 1 buah jeruk menyediakan 60 kalori dan 2,3 g serat. 1 buah anggur mengandung 74 kalori dan 3,4 g serat. 1 cangkir stroberi segar yang diiris halus

Menghasilkan 50 kalori dan 2,5 g serat. 1 cangkir semangka cincang mengandung 51 kalori dan 0,4 g serat.1 cangkir pepaya masak iris bisa memberikan 54 kalori dan 2,5 g serat. Hanya 1/4 cup aprikot segar cincang mengandung 55 kalori dan 2 g serat. Jadi, semua buah ini bisa diminum setiap hari untuk menambahkan nutrisi ke tubuh sambil menjaga asupan kalori rendah.

 BACA JUGA:

7 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Anda Rentan Alami Gangguan Mental

Ragam Sayuran Beku:

Banyak orang menyukai rasa sayuran yang kebanyakan hanya tersedia dalam keadaan beku. Nilai gizi atau nutrisi dari bahan-bahan ini dijaga sehingga menjadikannya pilihan ideal bagi orang-orang yang sadar akan kesehatan. Seperti yang dinyatakan dalam paket makanan beku ini, ditemukan bahwa kembang kol beku, wortel dan brokoli mengandung 25 kalori dan 2 g serat. Ahli gizi menemukan bahwa 1 cangkir kacang hijau beku cincang memiliki 25 kalori dan 2 g serat, sementara 1 cangkir berbagai sayuran Tuscan dalam bentuk irisan menyediakan jumlah kalori dan serat yang sama pula.

Nah, bagaimana? Masih ragu untuk mengkonsumsi makanan rendah kalori? Selain rasanya yang tak kalah dari makanan siap saji anda juga bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)