Share

Catat! 10 Makanan yang Perlu Dihindari saat Menstruasi

Widya Marchellin, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 17:57 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Wittyfeed)

SALAH satu masalah yang sering terjadi pada wanita yaitu rasa sakit saat menstruasi. Ini akan terjadi pada setiap wanita normal.

Menstruasi adalah keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi.

Pada saat menstruasi ada baiknya Anda memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Karena rasa nyeri yang timbul saat Anda menstruasi salah satunya diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi.

Melansir Boldsky, Selasa (30/1/2018) ada beberapa makanan yang perlu dihindari saat Anda menstruasi. Simak ulasannya berikut:

1. Makanan olahan

Selama wanita menstruasi rasa kembung akan meningkat, ini diakibatkan meningkatnya retensitas air di perut. Pada makanan olahan juga banyak makanan berminyak dan manis, sebaiknya dihindari dulu selama menstruasi.

 (Baca Juga: Makan Malam Makin Lahap dengan Ayam Goreng Pop Tulang Lunak dan Perkedel Jagung Kacang Polong)

2. Daging merah

Makanan ini tinggi akan lemak jenuh. Pada saat menstruasi, sebaiknya Anda tidak memakannya karena dapat menimbulkan kram, kembung, dan jerawat.

3. Alkohol

Jauhilah minuman beralkohol saat Anda menstruasi karena ini akan memperburuk gejala menstruasi Anda.

4. Dairy product

Berbagai olahan dairy seperti susu, cream, dan keju agar dihindari saat menstruasi karena mengandung asam arakidonat yang dapat memicu kram saat Anda menstruasi.

 (Baca Juga: Nicole Kidman Doyan Makan Ulat dan Kecoa, Intip Videonya)

5. Kafein

Minuman seperti kopi mengandung kafein tinggi dan ini harus Anda hindari saat menstruasi. Hal ini karena kafein dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan kegelisahan, dehidrasi, serta dapat mengganggu tidur Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa minum teh herbal.

6. Makanan berlemak

Mengonsumsi makanan berlemak seperti burger, keripik, dan kentang goreng selama menstruasi akan memengaruhi hormon Anda dan menyebabkan kram.

7. Biji-bijian

Biji-bijian seperti roti, pizza, sereal dan tortilla harus dihindari, karena bisa menyebabkan kembung dan konstipasi. Anda bisa memilih biji-bijian yang memiliki indeks GI rendah yang tidak hanya akan menjaga sistem pencernaan Anda tetapi juga akan membuat rasa lapar Anda tertelan.

8. Makanan asin

Makanan asin yang ditemukan dalam sup kaleng, bacon, keripik, dan lain-lain harus dihindari selama menstruasi karena mengandung garam tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi akan menyebabkan kembung di perut.

 (Baca Juga: Baru Dibuka, Restoran Steak Milik Salt Bae Dihujani Kritikan Tajam)

9. Makanan manis

Perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi membuat kadar gula darah menjadi tidak stabil dan banyak wanita mendambakan permen. Mengonsumsi makanan bergula bisa menambah fluktuasi gula darah Anda, berakibat pada perubahan mood dan ketegangan. Sebagai gantinya, Anda bisa mencari salad buah kaya serat dan ada yogurt rendah lemak.

10. Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas saat menstruasi dapat memicu hot flashes, menunda siklus menstruasi, dan memancing peradangan kulit dan jerawat. Bumbu dari makanan bisa mengganggu lapisan perut dan usus Anda, sehingga menyebabkan keasaman dan kram menstruasi yang menyakitkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)