Share

Catat! Ini Lokasi Shalat Gerhana Bulan yang bisa Anda Pilih Malam Ini

Muhammad Sukardi, Okezone · Rabu 31 Januari 2018 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 31 196 1852516 catat-ini-lokasi-shalat-gerhana-bulan-yang-bisa-anda-pilih-malam-ini-qx5qU7iIn3.jpg Gerhana Bulan Total (Foto: LA Magazine)
A A A

HARI ini, Rabu, 31 Januari 2018, bakal menjadi awal sejarah baru di Indonesia. Pasalnya, menurut BMKG, malam ini akan terlihat gerhana bulan total pada pukul 20:30 WIB dan Anda bisa menyaksikannya langsung dengan mata telanjang.

Fenomena langka ini tentunya banyak dimanfaatkan oleh beberapa pihak. Salah satunya adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Berdasar informasi yang Okezone terima, Pemprov DKI bakal membuka Planetarium, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, untuk menyaksikan gerhana bulan secara lebih dekat.

Hal ini tentunya membawa angina sejuk bagi penikmat astronomi dan tentunya mereka yang penasaran dengan momen yang langka ini. Pemprov DKI menjadikan momen ini sebagai bentuk pariwisata baru yang diharapkan bisa menarik wisatawan untuk mengenal lebih dekat dengan gerhana bulan.

Nah, selain itu, khususnya di ajaran Islam, ada beberapa pihak yang bakal melangsungkan shalat gerhana. Diterangkan dalam beberapa referensi, shalat gerhana ini dimaksudkan untuk menolak bala dan meminta berkah yang lebih, serta bersyukur atas anugerah yang terjadi.

Bagi Anda yang ingin melaksanakan Shalat Gerhana atau Shalat Khusuf berjamaah, khususnya warga Jabodetabek, Okezone kali ini akan memberikan titik ibadah yang bisa Anda kunjungi untuk menunaikan ibadah sunnah ini. Berikut beberapa lokasinya:

1. Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) di Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

2. Masjid Istiglal, Jakarta Pusat. Khotib/Imam Rawatib Masjid Istiqlal: Ahmad Husni Ismail

3. Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara. Acara: zikir bersama setekah shalat maghrib, tausiyah mengenai gerhana, dan tat acara shalat gerhana, khutbah.

4. Lapangan futsal kawasan Monumen Nasional (Monas)

5. Masjid Raya Al-A’zhom, Tangerang, Banten.

6. Masjid At-Tin, kompleks TMII, Jakarta Timur. Imam shalat: H. Masrur Ichwan.

Bagi Anda yang memang berkenan untuk melangsungkan ibadah yang jarang terjadi ini, sebaiknya datang lebih awal dari jam yang telah ditetapkan. Ini tentunya penting mengingat banyak umat Islam yang tentunya bakal menunaikan ibadah ini juga. Dan tidak ada yang tahu juga bagaimana nanti jalanan yang mungkin saja bakal menghambat Anda.

Semoga hal baik selalu menyertai kita semua. Amin!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini