Share

Sudah 16 Kali Operasi, Kutil Tumbuh Lagi di Tubuh 'Manusia Akar' dari Bangladesh

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 01 Februari 2018 12:22 WIB
$detail['images_title']
Manusia akar dari Bangladesh (Foto:Thesun)

MANUSIA  akar, begitulah julukan yang diberikan untuk pria asal Bangladesh ini. Alasan ia diberikan julukan seperti itu, karena tangan dan kakinya ditumbuhi kutil hingga berbentuk seperti akar pohon berwarna coklat.

Namanya Abul Bajandar, ia merupakan satu dari empat orang di dunia ini yang pernah didiagnosis dengan kondisi genetik langka. Kondisi tersebut adalah epidermodysplasia verruciformis. Lebih parahnya lagi, Abul telah menderita penyakit itu selama 10 tahun terakhir.

BACA JUGA:

45.018 Anak di Madiun Akan Divaksin Difteri

Melansir dari The Sun, Kamis (1/2/2018), pria berumur 27 tahun tersebut akhirnya bergembira tahun lalu, ketika dokter berhasil menyingkirkan kutil-kutil yang membuat tangannya seperti akar pohon. Dengan melewati operasi sebanyak 16 kali pada tahun lalu di Rumah Sakit Dhaka, Abul akhirnya bisa menyentuh, memegang, dan memeluk anak serta istrinya, yang sebelumnya sulit ia lakukan.

 

“Saya tidak pernah berpikir akan bisa kembali memegang dan memeluk anak saya dengan tangan,” ucap Abul.

Abul dan keluarganya berasal dari desa kurang mampu di daerah pesisir selatan Khulna. Sementara, Abul yang merupakan kepala rumah tangga dalam keluarganya hanya bekerja sebagai sopir becak untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

“Kami mengoperasinya sampai 16 kali untuk menghilangkan kutil. Tangan dan kaki hampir baik-baik saja,” ucap Samanta Lal Sen, ahli bedah plastik yang menangani Abul.

BACA JUGA:

Sepanjang 2017, Kasus Campak Terjadi di 9 Kabupaten/Kota Papua

Tapi, sayangnya ketika operasi itu berlalu dan kini telah datang tahun yang baru, kedua tangan dan kaki Abul sudah mulai ditumbuhi kutil baru lagi. Padahal, jaraknya hanya beberapa bulan setelah operasi pengangkatan kutil seberat lima kilogram tersebut.

Kini, menurut sumber, Abul kembali merasakan sakit pada telapak tangannya meskipun ia telah menjalani lebih dari selusin operasi. Telapak tangan Abul tampak berwarna kuning kehijauan seperti roti yang ditumbuhi jamur, dan kutil itu hampir memenuhi seluruh telapak tangannya.

Kedua telapak tangan Abul tampak memilukan. Jari-jari Abul hampir tidak mulus lagi. Sementara bagian telapak tangan ditumbuhi kutil yang berbentuk seperti bercak kehijauan, dengan sisi lainnya tampak kemerahan. Malangnya Abul, kutil yang semula tumbuh seperti akar dan sempat dihilangkan, sekarang justru tumbuh perlahan lagi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)