Share

Produsen Viostin DS Tidak Bantah Produknya Mengandung Babi

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 01 Februari 2018 16:49 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

PT Pharos Indonesia mengaku sudah mulai melakukan penarikan produk Viostin DS yang mengandung DNA babi. Pihaknya tidak membantah bahwa produk suplemennya mengandung bahan haram.

Temuan ini juga sudah diakui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), berdasarkan uji klinisnya, suplemen makanan yang banyak digunakan oleh orang Indonesia tersebut positif menggunakan bahan dari hewan haram. Sehingga, suplemen tersebut diminta untuk ditarik dari pasaran sejak kemarin.

Direktur Corporate Communications PT Pharos Indonesia Ida Nurtika mengatakan, bahwa produk Viostin DS sudah ditarik dari pasaran. Selain itu, mereka perlahan-lahan menghentikan produksinya.

 (Baca Juga: Viostin DS Mengandung DNA Babi Bukti Lemahnya Kontrol Pengawasan Produk Suplemen di Indonesia)

"Kami sudah melakukan penarikan produk tersebut secara bertahap. Produksinya juga sudah dihentikan dan tidak dijual lagi," katanya lewat siaran pers yang diterima, Kamis (1/2/2018).

Sementara itu, produk Viostin DS sebenarnya sudah memiliki izin edar dengan nomor edar (NIE) POM SD.051523771, nomor bets BN C6K994H. Sayang, di label tidak dicantumkan bahan baku dari produk ini.

Ida menambahkan, produk yang telah ditarik nantinya bakal dimusnahkan. Mengingat penduduk di Indonesia selalu bergantung pada produk halal yang dijamin aman.

 (Baca Juga: Tak Semua Viostin dan Enzyplex Mengandung DNA Babi)

Merujuk regulasi pengawasan obat dalam UU No 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal. Isinya yakni produk yang mengandung bahan tidak halal seharusnya mencantumkan kandungan di label. Jika melanggar, tentu akan diberikan sanksi teguran, tertulis hingga peringatan administratif.

Namun, Ida menyebutkan bahwa nantinya produk suplemen ini bahan bakunya akan diganti dengan yang aman dan halal, yakni chondroitin sulfate.

Diklaim, kandungan itu nantinya berbahan dasar lemak dan sumsum ayam dan sapi, yang disatukan dalam kemasan suplemen. Mereka juga akan menunjuk produsen bahan baku di luar negeri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)