Share

Ritual Minum Kopi dari 5 Negara, Ada yang Diminum Sambil Berdiri!

Pradita Ananda, Okezone · Selasa 06 Februari 2018 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 06 298 1855348 ritual-minum-kopi-dari-5-negara-ada-yang-diminum-sambil-berdiri-9JSe7NSkTU.jpg Tradisi minum kopi dari berbagai negara (Foto:Shutterstock)
A A A

BAGI pencinta kafein, kopi memang jadi minuman andalan utama. Aromanya yang harum dan cita rasa yang dihadirkan dari segelas kopi cukup untuk membuat semangat dalam melakukan aktivitas sepanjang hari.

Bicara tentang minuman kopi, tahukah Anda bahwa persiapan dan kebiasaan mengonsumsinya itu berbeda di satu negara ke negara lain. Di banyak belahan dunia, minum kopi memiliki kebiasaan dan ritual tersendiri. Ada beberapa kebiasaan dan ritual unik yang dilakukan orang-orang orang di berbagai wilayah di dunia.

Penasarang kan jadinya, apa saja sih tradisi atau norma tentang kopi dari berbagai dunia? Menyitat Ndtv, Selasa (6/2/2018) ini dia ulasan tentang ritual minum kopi dari 5 negara di dunia.

 BACA JUGA:

Intip Lemari Pakaian dan Sepatu Putri Kylie Jenner yang Mewah

1. Italia :

Di Italia, disebutkan bahwa kopi espresso disajikan dalam cangkir ukuran kecil dan biasanya dikonsumsi sambil berdiri. Selain itu, memesan cappuccino larut malam dianggap sebagai hal yang tidak baik. Mengapa? Ini karena di Italia mereka berpikir bahwa satu-satunya waktu untuk menikmati cappuccino adalah pagi-pagi sekali bukan di malam hari.

2. Turki :

Soal minum kopi, Turki terdapat pepatah populer yang berbunyi , ' Coffee should be as black as hell, as strong as death and as sweet as love (kopi seharusnya hitam sekeras, sekuat kematian dan manis seperti cinta). Di Turki, kopi itu selalu disajikan setelah acara makan, dan dituangkan dari panci tembaga panjang yang dikenal dengan nama cezve. Minuman kopi di sini, juga disebutkan seringkali disajikan bersama permen Turki untuk menghindari rasa pahit.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Kuba:

Minuman kopi di Kuba dikenal hadir dengan cita rasa yang cukuo kuat, maka dari itu biasanya disajikan dalam bentuk shots. Ritual pertama yang diikuti setiap orang Kuba di pagi hari adalah dengan menikmati secangkir kopi yang punya rasa benar-benar kuat. Meneguk secangkir kopi di Kuba sendiri, merupakan salah satu bagian penting dalam budaya Kuba.

BACA JUGA:

Disebut Kota Membosankan, Singapura Balas Dengan Iklan Humoris

4. Arab Saudi :

Di Arab Saudi, minuman kopi selalu disajikan untuk para orang-orang tua (tetua) terlebih dahulu. Di sini, minuman kopi biasanya dihidangkan dengan pemakaian bumbu dan ramuan kapulaga untuk menyeimbangkan rasa pahit yang ekstrem.

5. Ethiopia:

Orang-orang Ethiopia menyukai kopi, sampai pada titik poin masyarakatnya mengumumkan minuman kopi sebagai minuman nasional negara mereka. Sambil menyiapkan kopi, orang Ethiopia terlebih dahulu menambahkan gula ke dalam cangkir dan kemudian menambahkan kopi beserta air. Selain itu, tiga porsi minuman kopi dibuat dan masing-masing diberi nama sendiri yaitu awol, tona dan baarka yang mempunyai makna "diberkati".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini