Share

Minum Wine 2 Gelas Sehari Cegah Alzheimer, Benarkah?

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 06 Februari 2018 10:47 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Foxnews)

WINE merah meski minuman beralkohol tapi punya banyak khasiat untuk melawan penyakit. Salah satunya yakni mencegah alzheimer bagi seseorang di usia senja.

Minuman ini pada dasarnya terbuat dari anggur yang difermentasikan dengan cara yang aman. Berdasarkan studinya, wine merah dapat membersihkan segala macam racun yang mengendap di otak.

Banyak studi menyebutkan, di usia senja seseorang mudah mengalami alzheimer karena gaya hidupnya yang tak sehat. Salah satu yang paling rentan yakni terbiasa merokok.

Dalam acara tertentu, wine disuguhkan sebagai minuman pendamping, terutama di acara pesta. Anda tak boleh melewatkannya, karena khasiatnya sangat menguntungkan.

Pernah ada studi yang menyebutkan bahwa seseorang minum wine cukup dua gelas sehari, bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Ada zat tertentu yang menyebabkan hal itu bisa terjadi.

Penelitian baru dari University of Rochester Medical Center menyebutkan, seseorang yang rutin konsumsi minuman beralkohol benar-benar mampu membersihkan otak, yang terkait dengan pencegahan risiko alzheimer. Wine tergolong minuman beralkohol dosis rendah yang berpotensi baik bagi kesehatan otak.

Penulis Studi Utama Maiken Nedergaard mengatakan, minum wine merah dapat meningkatkan kemampuan otak untuk membuang limbah atau racun. Termasuk kaitannya dengan meningkatkan protein yang bisa mencegah penyakit alzheimer, dilansir Foxnews, Selasa (6/2/2018).

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan hewan pengerar. Peneliti memeriksa efek alkohol pada proses pembersihan otak dengan wine.

Hasilnya ditemukan bahwa tikus yang diberikan wine sebanyak 2,5 gelas sehari, secara otomatis membersihkan limbah otak lebih efisien. Dampaknya berbeda daripada tikus yang tidak terkena alkohol sama sekali.

Namun, yang harus dicatat jangan sampai Anda konsumsi wine berlebihan. Karena hewan pengerat yang terpapar kadar alkohol tinggi, dampaknya kurang baik. Tikus-tikus tersebut mengalami pembengkakan otak, gangguan kognitif dan keterampilan motorik terhambat.

Nah, dengan adanya temuan baru ini menambah bukti tentang manfaat kesehatan dari wine jika dikonsumsi dalam jumlah rendah. Termasuk manfaatnya dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan kanker tertentu. Menyenangkan bukan?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)