Share

Resep Saus Telur Asin Kekinian yang Mantap dan Bikin Nagih

Dewi Kania, Okezone · Rabu 07 Februari 2018 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 07 298 1856184 resep-saus-telur-asin-kekinian-yang-mantap-dan-bikin-nagih-YiAHWCqkbx.jpg Saus telur asin (Foto: Unilever)
A A A

SAUS telur asin nampaknya sudah mulai digemari oleh masyarakat Indonesia. Kelezatan saus ini memang tidak ada yang menandingi. Anda harus bisa membuatnya sendiri di rumah agar lebih hemat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah dan bisa menjadi cocolan makanan apapun selama satu minggu. Paling enak, Anda menambahkan saus telur asin sebagai topping aneka makanan kekinian, seperti ayam atau udang goreng.

Atau yang lebih nikmat lagi, Anda menambahkan ke dalam olahan masakan seafood yang digoreng. Pasti rasanya lebih mantap dan menggugah nafsu makan.

Daripada sering membeli di restoran, tak ada salahnya Anda makan olahan saus telur asin. Rupanya sausnya mudah dibuat dan tak membutuhkan bahan yang rumit.

Agar tidak tambah penasaran, berikut adalah 7 langkah mudah membuat saus telur asin sendiri di dapur kesayangan. Simak caranya berikut ini, dilansir Herworld, Rabu (7/2/2018).

 BACA JUGA:

Makan Malam Semakin Nikmat dengan 2 Olahan Iga Sapi Khas Korea Ini

Bahan-bahan:

150 gram kuning telur asin

600 gram mentega tawar pada suhu kamar. Potong dulu jadi 6 bagian

270 ml susu full cream

5 gram gula putih

5 gram garam

5 gram bubuk cabai

Cara membuat:

1. Panaskan kuning telur asin dalam oven microwave atau dengan api tinggi di kompor selama dua menit. Aduk halus sampai lembut menjadi pasta. Sisihkan;

2. Tempatkan panci di atas api sedang dan tambahkan sedikit mentega. Biarkan mentega meleleh, aduk teratur;

3. Saat benar-benar mentega meleleh, kurangi suhu panas menjadi rendah. Lalu, tambahkan pasta kuning telur asin yang mantap;

4. Aduk pasta kuning telur dan mentega yang sudah cair. Aduk selama dua menit;

5. Jika bahan utama sudah tercampur rata, tambahkan susu, gula, garam dan bubuk cabai;

6. Aduk semua bahan dalam panci selama dua menit sampai tercampur rata. Jika sudah, diamkan sampai uap panasnya hilang;

7. Terakhir, haluskan dengan blender listrik saus telur asin yang sudah matang. Campur adonan sampai halus dan encer;

 BACA JUGA:

Berani Coba? Es Krim Paling Pedas di Dunia Berjuluk Napas Iblis

Jika saus telur asin sudah jadi, coba gunakan sebagai cocolan kentang goreng atau camilan ringan lainnya. Pasti perut Anda tak bakal kelaparan dan rasa saus telur asin buatan sendiri dijamin nagih. Tertarik membuatnya?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini