Share

Cara Mudah Kurangi Risiko Diabetes, Salah Satunya Campur Nasi dengan Kelapa

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 07 Februari 2018 16:20 WIB
$detail['images_title']

TREN penyakit tidak menular, seperti diabetes militus terus meningkat. Parahnya, penyakit ini tidak memandang usia dan jenis kelamin. Bahkan, banyak faktor risiko yang bisa mengidap salah satu penyakit berbahaya ini.

"Untuk mengurangi risiko penyakit diabetes, diperlukan adanya keseimbangan antara nutrisi makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya," kata ahli gizi klinis dr Cindy Sp.GK.

Penanganan penyakit diabetes bisa dilakukan dengan menggunakan bahan pangan dengan indeks glikemik rendah. Ini bisa mengurangi kecepatan naiknya gula darah sehingga bisa memberikan waktu pada sel tubuh untuk memprosesnya.

"Kadar indeks glikemik yang harus dibatasi yakni pada angka 55. Harus bisa mengendalikan penyakit diabetes dengan menjalankan gaya hidup sehat. Seperti konsumsi banyak sayur dan buah, membiasakan olahraga dan tidak merokok," jelasnya.

Sementara, jumlah penderita diabetes di Indonesia terus menunjukan tren peningkatan dari tahun ke tahun, yaitu mencapai 6,9% atau 10 juta orang.

Jumlah ini membuat Indonesia berada masuk pada urutan ketujuh dunia sebagai negara pengidap diabetes tertinggi. Jika dibiarkan, diabetes bisa menyebabkan komplikasi hingga kematian.

Sebuah temuan baru dari Institut Pertanian Bogor (IPB) juga patut dicoba untuk mengurangi risiko dibetes, yaitu dengan memasak nasi putih dicampur kelapa. Cara bisa dengan menambahkan minyak kelapa atau tepung kelapa.

"Sekarang ada cara aman masak nasi putih yang dicampur kelapa bisa menurunkan indeks glikemiknya. Padahal sebelumnya kita kenal kalau orang yang makan banyak nasi putih memicu diabetes, karena indeks glikemiknya tinggi," ujar Kepala Pengembangan Layanan Analisis Pangan IPB Dr Didah Nur Faridah.

(Baca Juga: Kenali Tanda Awal Diabetes Lewat Warna Kuku)

Kelapa, menurut dia, salah satu bahan pangan yang aman dikonsumsi karena rendah kalori dan tinggi serat. Sementara itu, orang mengenal bahwa kelapa mengandung lemak jenuh ternyata salah. Justru sebaliknya, kelapa mengandung lemak baik atau trigliserida yang berfungsi sebagai sumber energi.

Berdasarkan studi itu, masak nasi putih yang dicampur kelapa bisa menurunkan indeks glikemik hingga 45%. Tentunya cara ini juga membuat pasien diabetes tak was-was makan nasi putih secukupnya.

(Baca Juga: Daftar Kebiasaan yang Tingkatkan Risiko Diabetes, Nomor 5 Jarang Disadari!)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)