Share

Menganut Poliamor di Negara Monogami, Inilah Kisah Noni dan 2 Kekasihnya

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 08 196 1856493 menganut-poliamor-di-negara-monogami-inilah-kisah-noni-dan-2-kekasihnya-6CJIZvgzyR.jpg Foto: BBC
A A A

NONI adalah seorang poliamor. Dia memiliki dua pacar dan berkomitmen penuh terhadap keduanya secara setara. Dia mengatakan kepada BBC Scotland documentary Love Unlimited: "Tidak ada yang salah dengan memiliki satu pasangan saja."

"Saya hanya tidak mengerti mengapa saya harus secara artifisial membatasi jumlah cinta yang saya berikan ke dunia."

"Saya serakah, saya suka orang menyukai saya."

Perempuan berusia 23 tahun yang tinggal di North Berwick, Skotlandia, itu mengaku merasa terkungkung dan sesak ketika dalam hubungan monogami, tak peduli betapa besar cinta dia.

Hubungan Terbuka

Poliamor adalah jenis cinta yang memiliki lebih dari satu hubungan romantis sekaligus. Yang membedakannya dengan poliandri dan poligami adalah poliamori tidak mensyaratkan pernikahan sebagai ikatan, dan berlaku bagi laki-laki maupun perempuan.

Poliamor hanya mengedepankan sifat saling keterbukaan antara yang satu dengan yang lainnya.

Noni mengatakan bahwa hal itu bisa mencakup praktik non-monogami seperti beralih dari satu pasangan ke pasangan yang lain, tapi baginya ada dimensi 'etis,' yang berarti hubungan itu sendiri penting.

Noni menjalin hubungan dengan Morgan, seorang pekerja kantor berusia 27 tahun, dan Oliver, seorang lulusan sekolah drama berusia 24 tahun. Dia bertemu Morgan melalui aplikasi jodoh Tinder ketika dia tinggal di Dundee beberapa tahun yang lalu.

 

Noni dan Morgan

Pada saat itu, Morgan sudah menjalin hubungan dengan Hannie selama sekitar empat tahun -dan hingga kini mereka masih bersama. "Hannie memperkenalkan kepadaku ide soal poliamor," ujar Morgan.

"Ketika saya menyebutkan hal ini kepada beberapa orang, mereka cukup terkejut karena mereka menganggap bahwa ide poliamor, jelas-jelas berasal dari sang pria karena dengan itu banyak hubungan seks, bukan?"

Kenyataannya, "Banyak komunikasi, agak lebih banyak seks," kata dia.

'Kebahagiaan yang timbal balik'

Noni mengatakan Morgan sangat pandai dalam hal "komunikasi emosional'', yang membantu mereka mempertahankan hubungan mereka meskipun Noni harus pindah ke Edinburgh untuk belajar drama.

Menurut Morgan, Hannie, yang pada saat itu tidak berkencan dengan siapa pun, "berbahagia untuknya" lantaran menjalin hubungan dengan Noni.

Dia berkata: "Dia sangat mendukung, dia sangat suportif. Ada banyak kebahagiaan dalam semua itu."

Oliver adalah meta Morgan -ini adalah istilah poliamor bagi pasangan yang dengannya sesorang tidak memiliki hubungan seksual atau cinta secara langsung.

Oliver sudah berkencan dengan Noni selama 18 bulan. Mereka bertemu di Edinburgh Fringe beberapa tahun lalu dan hidup bersama setelah tampil dalam sebuah pertunjukan bersama di tahun 2016.

 

Noni dan Oliver

Oliver mengatakan Noni menegaskan bahwa dia adalah poliamor di awal hubungan mereka. "Itulah Noni dan itu tidak apa-apa," kata dia.

Oliver mengatakan bahwa jatuh cinta pada seseorang yang sudah memiliki pasangan perlu pertimbangan yang cermat. "Bukan bahwa itu merupakan masalah, tapi pertimbangannya lebih tentang ide 'mungkinkah ini menjadi masalah?" kata dia.

"Karena ketika kita mulai bertemu seseorang, itu adalah satu hal, tapi seiring semakin seriusnya hubungan, ada pertanyaan tentang 'Saya baik-baik saja dengan hal itu sekarang, tapi bisakah saya menjadi cemburu? Bisakah saya mulai melihat ini secara berbeda? Tapi kemudian saya menyimpulkan putuskan saya menyukai Noni dan menikmatinya."

Karena ini adalah hubungan terbuka, Oliver bebas berkencan dengan orang lain juga, jika dan kapan saja dia mau. "Jika sesuatu terjadi, maka sesuatu terjadi tapi saya tidak mengusahakannya," katanya.

"Pada saat yang sama, saya juga tidak menutup diri dari kemungkinan itu."

Noni mengatakan bahwa dia pikir dia akan sangat senang jika bertemu dengan seseorang yang baik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bentuk yang berbeda

Meski Noni bertemu Oliver lebih sering, lantaran lebih dekat, dia berbicara dengan Morgan tiap hari. Dia mengungkapkan bahwa tidak ada pilih kasih dan hubungan yang dia miliki dengan masing-masing pria sangat berbeda.

"Saya tidak dapat memberi tahu Anda apa yang saya lebih sukai antara coklat dan teater," ujarnya mengibaratkan.

"Begitulah cara saya melihatnya, tidak peduli betapa besarnya cinta saya pada seseorang, itu tidak berarti cinta yang lain akan lenyap. Mungkin bentuknya berbeda, tapi tetap sama pentingnya bagi saya."

 

Noni menambahkan: "Saya berkomitmen pada keduanya dengan cara yang sangat berbeda namun secara fundamental satu tidak lebih dari yang lain."

Aspek 'etis' lain dari poliamor yang penting bagi Noni adalah melindungi satu sama lain dari penyakit menular seks.

Dia berkata: "Menggunakan kondom dan membiarkan pasangan Anda tahu apakah Anda menggunakan atau tidak adalah suatu keharusan untuk mempraktekan poliamori dengan cara aman dan etis."

"Karena jelas jika saya mengacaukan itu dan tertular penyakit maka itu akan membahayakan kesehatan pasangan saya dan itu juga berisiko terhadap kesehatan meta saya dan sebagainya."

Meski baru berusia 23 tahun, Noni menegaskan bahwa poliamor adalah pilihan gaya hidup yang ingin ia lanjutkan dan tidak menganggapnya tidak sesuai dengan pilihan membina keluarga.

Dia berkata: "Saya mengenal orang-orang yang poliamor dan memiliki anak. Ada anggapan bahwa poliamor adalah hal yang sangat seksual yang tidak pantas dilakukan."

"Benar-benar ketinggalan jaman untuk berpikir bahwa seorang anak membutuhkan satu ibu dan satu ayah belaka."

 

Negara monogami

Noni mengatakan bahwa poliamor sebenarnya bukan hal yang baru, hanya saja masih tabu, meski itu bisa berubah.

"Orang-orang sudah mempraktikkan poliamor sejak sekian lama keberadaan umat manusia," kata dia.

"Tapi Skotlandia adalah negara monogami."

 

"Saya tidak akan mengatakan bahwa kami adalah yang pertama kali melakukannya, tapi kami pasti menciptakan lingkungan yang memungkinkan adanya komunitas yang sehat."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini