Share

Wajib Tahu! Ini Fakta Mengejutkan dari Penyakit Alzheimer

Widya Marchellin, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 13:50 WIB
$detail['images_title']
Alzheimer (Foto: Healthcub)

BANYAK orang menganggap penyakit Alzheimer penyakit yang lumbrah terhadap lansia. Tapi nyatanya penyakit ini merupakan salah satu penyakit serius yang menjadi perhatian dunia kesehatan.

Melansir Aplaceformom, Kamis (8/2/2018) Perlu diketahui beberapa fakta tentang penyakit Alzheimer. Apa saja itu? Berikut uraiannya:

Penyakit Alzheimer berada diurutan ke-6 penyakit mematikan di dunia.

Dari sekian banyaknya penyakit yang mematikan, seperti jantung, kanker, hingga diabetes. Alzheimer berada diurutan ke-enam penyebab kematian terbanyak di dunia.

Penyakit alzheimer umumnya banyak menyerang orang tua di usia 85 keatas

Menurut laporan Alzheimer's Disease Facts and Figures Alzheimer's Association, diperkirakan 45% manula Amerika berusia 85 tahun keatas menderita Alzheimer, dan satu dari delapan orang berusia 65 tahun atau lebih memiliki penyakit Alzheimer.

Penyakit Alzheimer banyak diderita wanita daripada pria.

Alzheimer's Association melaporkan bahwa hampir dua pertiga orang Amerika penderita Alzheimer adalah wanita. Alasan utama data statistik ini adalah bahwa wanita umumnya hidup lebih lama dari laki-laki.

Bukan cuma orang tua

Anda mungkin menganggap Alzheimer sebagai penyakit orang tua. Namun, 5% atau sekira  200.000 orang Amerika menderita Alzheimer diusia awal, yang biasanya muncul pada usia 50-an atau 40an.

Jumlah penderita Alzheimer akan terus bertambah

Laporan Alzheimer’s Disease International(ADI)menyebutkan bahwa pada tahun 2015, terdapat 46.8 juta orang penderita demensia. Angka ini akan bertambah menjadi dua kali lipatnya setiap 20 tahun sekali. Diperkirakan pada tahun 2050, terdapat 131.5 juta orang dengan demensia dan sekitar 68%-nya berasal dari negara dengan pendapatan rendah dan menengah, termasuk Indonesia.

Penyakit ini belum ada obatnya

Sampai saat ini, belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan demensia maupun penyakit Alzheimer. Karena itu, yang terbaik adalah melakukan pencegahan dan penyuluhan kesehatan.

Meskipun begitu sebelum terkena penyakit Alzheimer Anda perlu memberi perhatian lebih terhadap kesehatan diri sendiri agar terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)