Share

10 Hal Kecil yang Dapat Dilakukan untuk Mengurangi Sampah Plastik

Imeida Ulfa Ariyanti, Okezone · Jum'at 09 Februari 2018 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 09 196 1857098 10-hal-kecil-yang-dapat-dilakukan-untuk-mengurangi-sampah-plastik-fZUZiJSBF7.jpg Sampah plastik (Foto: Engineers Journal)
A A A

PLASTIK tidak terlepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Mulai dari penggunaan plastik pada bungkus makanan, botol minuman, botol sampo dan lain sebagainya. Penggunaan plastik secara berlebihan akan memberikan dampak buruk untuk lingkungan dan kelangsungan hidup ekosistem.

Berbagai usahapun telah dilakukan seperti recycle atau daur ulang untuk menanggulangi sampah plastik, namun hal tersebut belum berhasil sepenuhnya. Untuk mengurangi banyaknya sampah plastik beberapa hal yang dapat kita lakukan adalah sebagaimana dilansir Metro, Jumat (9/2/2018).

 BACA JUGA:

Berdasar Zodiak, Ketahui Kemana Anda Harus Pergi saat Depresi Melanda

Gunakan kantong plastik yang sama

Ketika Anda berbelanja simpanlah kantong plastik tersebut agar dapat Anda gunakan kembali saat berbelanja berikutnya.

Batasi penggunan botol minuman

Jika Anda beraktivitas diluar ruangan sebaiknya bawa minuman sendiri dari rumah. Hal tersebut dapat mengurangi penggunaan botol plastik dan juga dapat menghemat kantong Anda untuk lebih hemat.

Bawa cup dan gelas sendiri

Jika Anda membeli minuman dan warung kopi atau teh biasanya Anda akan diberikan cup yang berbahan plastik. Nah, daripada Anda menggunakan tempat plastik tersebut lebih baik Anda menggunakan cup sendiri.

Gunakan korek api kayu

Penggunaan korek api kayu lebih efektf dibandingkan dengan korek gas. Sebab, korek gas terbuat dari plastik yang sulit untuk diurai.

Hindari makan permen karet

Di dalam permen karet juga terkandung material plastik yang sangat sulit untuk didaur ulang, jadi sebaiknya kurangi makan permen karet agar lingkungan tetap terjaga dan bersih.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini