Share

Awalnya Bernama Es Serut, Lalu Berubah Jadi Es Doger, Ini Kisahnya

Annisa Aprilia, Okezone · Sabtu 10 Februari 2018 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 09 298 1857429 awalnya-bernama-es-serut-lalu-berubah-jadi-es-doger-ini-kisahnya-fl8RyORZoC.jpg Es doger (Foto: pkulover/Instagram)
A A A

HAMPIR setiap orang yang bekerja atau tinggal di Jakarta pasti pernah mendengar atau merasakan segarnya es doger. Jajanan es yang berisi tapai, susu, santan, ketan hitam, dan pacar cina ini memiliki warna merah muda, sesuai dengan sirup yang digunakan.

Setelah dimasukkan semua bahan ke dalam gelas plastik, serutan es akan menutup semuanya, dan tetesan sirup kelapa pandan (coco pandan) akan membuat warnanya lebih menarik, serta rasanya lebih manis. Namun, tahukah Anda alasan di balik nama doger?

Semula, nama es tersebut bukanlah doger, melainkan hanya es serut yang banyak ditemui di Kota Cirebon. Dijajakan dengan cara dipikul, es serut pun akhirnya menjadi fenomenal dan merambah ke segala kota, termasuk Jakarta.

 (Baca Juga: Terungkap Alasan Restoran Cepat Saji Ini Tak Sediakan Mayones Lagi)

Nah, nama es serut berubah menjadi doger, karena cara menjajakannya yang juga berubah, semula dipikul, jadi didorong menggunakan gerobak. Nama doger sendiri merupakan sebuah singkatan dari kepanjangan es dorong gerobak (Dorong Gerobak = DoGer).

Bahan-bahan es serut atau es doger yang tadinya hanya tapai, susu, ketan hitam, pacar cina itupun turut mengalami perubahan. Komposisi es doger jadi lebih beragam. Tambahan tersebut berupa alpukat, kelapa atau nangka, padahal resep komposisi yang asli tidak seperti itu.

Es doger akan sangat cocok dinikmati saat tengah hari yang terik. Kesegarannya akan lebih terasa, rasa manis memanjakan lidah, gurihnya susu juga turut memberikan sensasi yang lain bersanding dengan manisnya sirup coco pandan. Di Jakarta, es doger masih mudah ditemui, seperti di penjaja jajanan di sekolah-sekolah dasar, bahkan beberapa restoran di mal-mal besar.

  (Baca Juga: Paduan Unik Minum Teh Hijau Campur Kopi, Sensasinya Menyegarkan!)

Penggemar es doger juga terbilang cukup banyak dan tidak mengenal batas usia. Dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai cita rasa es doger.

Jajanan es doger digemari bukan karena rasanya yang segar dan nikmat. Tapi, juga bisa jadi minuman yang membuat nostalgia penikmatnya, karena es doger sudah ada sejak zaman dulu dan hingga kini masih banyak penikmat setianya.

Es doger juga mudah dibuat sendiri, Anda hanya tinggal menyiapkan es serut, isi es seperti tapai, susu, santan, ketan hitam, dan pacar cina, disiram dengan sirup cocopandan. Nikmati saat siang hari terik, maka kenikmatannya akan berlipat-lipat ganda!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini