Share

Ibu Zaman Now, Ini 7 Tips Menyapih Anak 2 Tahun dengan Cara Kekinian

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 19:09 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Livestrong)

MENYAPIH anak adalah hal paling sulit buat ibu. Saking teganya, ibu zaman dulu membohongi anaknya agar berhenti menyusu dari ibunya.

Tetapi para ahli menyangkal agar ibu zaman now tidak melakukan hal bodoh tersebut. Anda bisa melakukan cara lain yang lebih mendidik supaya si kecil dapat disapih dengan cara yang tepat.

Banyak cara-cara kekinian yang bisa digunakan supaya si kecil mau berhenti minum ASI saat usia 2 tahun. Ibu pun tak perlu resah, karena perlahan-lahan jika Anda menerapkan cara itu akan berhasil membuat anak lebih mandiri.

Spesialis Anak dr Meta Hanindita SpA, sekaligus penulis buku Mommyclopedia berbagi tips menyapih anak dua tahun dengan cara kekinian. Simak ulasannya berikut, yang ditulis Okezone, Jumat (9/2/2018).

Beri tahu anak

Beberapa minggu sebelum mulai menyapih, ajak bicara si kecil dengan memberikan informasi yang benar. Sebagai contoh, "Kakak/adik sudah besar, nanti setelah ulang tahun ke-2, minum susunya dari gelas ya. Bukan dari Mama lagi".

Perlahan-lahan beri tahu kalimat itu sampai anak mengerti. Praktikkan setiap hari, sampai si kecil mulai mandiri dan mau minum susu di gelas atau wadah lainnya.

Susui saat anak meminta saja

Saat anak tidak meminta ASI jangan tawarkan kepadanya. Karena anak bisa ketergantungan untuk minum ASI langsung. Ajari anak untuk mengurangi kebiasaan itu. Kalau perlu menyusuilah sehari sekali di malam hari.

Ganti rutinitas

Saat mulai menyapih si kecil, ganti rutinitasnya. Misalnya, jika anak terbiasa menyusu sebelum tidur sebaiknya ubah. Bacakan dongeng atau bernyanyi sebelum tidur agar anak lupa dengan kebiasaan minum ASI-nya.

Tawarkan minum susu di botol

Ketika anak mulai merengek minta susu, tawarkan minum di gelas atau di botol. Cara ini lebih ideal dan anak tetap kenyang. Berikan juga camilan kesukaannya agar anak tidak rewel.

Tunda saat anak minta menyusu

Ketika anak ingin menyusu, coba tunda dulu. Bilang baik-baik padanya agar tidak marah atau menangis. Alihkan dengan kebiasaan lainnya agar dia lupa. Misalnya, dengan memberikan mainan favorit, camilan kesukaan atau ajak main bareng hingga tertidur lelap.

Jangan bohongi si kecil

Sering kali, ibu zaman dulu membohongi anak dengan cara yang salah. Misalnya, mengoleskan balsem di payudara, memberikan brotowali agar rasanya pahit dan banyak cara lainnya yang salah. Lakukan penyapihan dengan cara yang tepat, buat anak nyaman saat mulai diajarkan untuk berhenti minum ASI.

Jangan sapih di saat sakit

Moms wajib catat, saat menyapih si kecil jangan diawali ketika dia sedang sakit. Hal ini membuatnya rewel dan tidak nyaman. Yang ada, si kecil jadi sulit sembuh di saat sakit. Maka itu, pastikan momennya pas ketika ingin menyapih si kecil agar sama-sama nyaman.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)