Share

Berlian Putih Terlangka di Dunia Dijual di London, Tertarik?

Agregasi Antara, Jurnalis · Sabtu 10 Februari 2018 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 10 194 1857669 berlian-putih-terlangka-di-dunia-dijual-di-london-tertarik-InFjvqiaYQ.JPG (Foto: Reuters)
A A A

LONDON - Sebuah berlian tanpa cela, seukuran stroberi besar, diperkirakan mencapai harga rekor dunia saat dijual di Sotheby's di London bulan ini.

Dengan berat lebih dari 102 karat, batu putih bulat dan cemerlang tersebut lebih kecil dari berlian oval 118 karat yang dijual di Hongkong pada 2013 seharga 30,6 juta dollar AS atau sekira Rp335,8 miliar, yang saat ini memegang rekor harga tertinggi per karat.

Namun Sotheby's, yang juga menangani penjualan di Hongkong, memperkirakan kelangkaan batu yang lebih kecil dan kualitas tinggi akan membuat harganya menjadi lebih tinggi lagi.

"Itu (batu yang dijual di Hongkong) terjual seharga 260 ribu dolar Amerika Serikat per karat, yang saat ini merupakan rekor dunia untuk berlian tanpa warna. Yang satu ini menjadi potongan bulat yang cemerlang - harga yang diminta akan jauh lebih tinggi," ujar Patti Wong, ketua Sotheby's Diamonds.

Berlian tersebut adalah satu-satunya batuan di atas 100 karat yang telah diberi nilai tertinggi dalam setiap kriteria oleh Institut Gemologi Amerika, yang menilai kualitas batu mulia, demikian Sotheby's.

Sotheby's belum mengungkapkan harga yang diminta untuk batu tersebut, yang akan dijual dalam lelang tertutup.

(Baca Juga: Laku Rp460 M, Ini Penampakan Berlian Terbesar yang Pernah Dilelang di Dunia)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini