Share

2 Minuman Ini Ternyata Bisa Perburuk Menstruasi

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 10 Februari 2018 22:23 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Independent)

AKHIR pekan biasa dimanfaatkan banyak orang untuk bersenang-senang. Ada yang memilih berjalan-jalan bersama keluarga atau pasangan. Tapi ada pula yang memilih berkumpul bersama teman-teman di sebuah tempat hangout.

Saat berkumpul bersama teman, tentu hal yang sering dilakukan adalah mengobrol sambil beberapa kali memakan menu yang disediakan atau menyesap minuman favorit. Tapi siapa sangka, bagi perempuan kebiasaan itu bisa jadi malapetaka menjelang periode menstruasi atau masa-masa PMS.

Kaum hawa tentu tahu bagaimana tidak enaknya keadaan tubuh menjelang datangnya tamu bulanan. Perut sakit, badan lemas, hingga perubahan suasana hati. Kondisi itu membuat mereka kurang bersemangat untuk menjalani aktivitas. Maka tak heran banyak perempuan yang mencari cara untuk meringankan keadaan tubuh yang memburuk atau paling tidak jangan sampai bertambah parah.

 (Baca Juga: Cara Jitu Berantas Jerawat Puber Tanpa Ribet)

Melansir Mirror, Sabtu (10/2/2018), kebiasaan berkumpul bersama teman di akhir pekan guna melepas penat yang diisi dengan meminum minuman tertentu dapat memperparah kondisi tubuh. Ada dua jenis minuman yang sebenarnya harus dihindari bila perempuan ingin periodenya atau masa PMS tidak mengganggu aktivitas. Berikut ulasannya.

Kopi

Tak bisa dipungkiri jika sekarang ini kedai kopi sering banyak dijadikan tempat untuk memesan minuman. Bahkan kaum hawa pun senang menyesap minuman berbahan dasar biji kopi tersebut. Akan tetapi, menurut seorang ahli, Alyssa Dweck, minum kopi dapat meningkatkan gejala PMS seperti kecemasan, ketegangan, insomnia, dan mudah tersinggung.

Untuk menyiasati hal ini ada baiknya perempuan membatasi asupan kafein menjelang periode menstruasi. Minuman bisa diganti dengan jus buah atau sayuran yang lebih bergizi. Selain itu, luangkan waktu untuk berolahraga ringan sampai sedang selama 30 menit sehari guna meringankan penderitaan PMS.

  (Baca Juga: Pangeran William Siapkan Mental Bila Kate Middleton Lahirkan Bayi Kembar)

Alkohol

Di era sekarang ini berapa perempuan mungkin senang mengonsumsi alkohol. Walaupun dikonsumsi dalam batas wajar, minuman tersebut dapat menimbulkan malapetaka bagi tubuh ketika PMS. Sebuah penelitian mengungkapkan jika alkohol memperburuk gejala PMS dan dapat meningkatkan risiko kram berkepanjangan selama menstruasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)