Share

Trik Aman Coba Produk Tester Make-Up di Gerai Kosmetik

Annisa Amalia Ikhsania, Okezone · Senin 12 Februari 2018 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 12 194 1858362 trik-aman-coba-produk-tester-make-up-di-gerai-kosmetik-wJdd51FuT8.jpg Ilustrasi (Foto: Allure)
A A A

WANITA yang ingin membeli produk make-up di gerai kosmetik biasanya akan mencoba produk tester-nya terlebih dulu. Entah itu produk pemulas bibir, maskara, hingga foundation.

Kendati demikian, sudah sepatutnya Anda berhati-hati bila ingin menggunakannya. Pasalnya, produk tester make-up telah digunakan oleh banyak orang sehingga berpotensi menjadi tempat berkembangnya bakteri hingga sumber penyakit menular.

"Jangan percaya bahwa tester make-up yang ada di gerai kosmetik bersih. Meski Anda adalah pelanggan pertama yang datang di pagi hari, para staf toko bisa saja sibuk sehingga tak memastikan kebersihan setiap produk make-up," papar Susie Sobol, seorang profesional make-up artist.

Lantas, adakah cara aman mencoba produk tester make-up di gerai kosmetik? Berikut adalah triknya seperti yang dilansir Allure, Senin (12/2/2018).

Kenali produk tester kosmetik yang aman dan tidak

Menurut make-up artist Susie Sobol terdapat beberapa produk make-up yang sebaiknya tak dicoba di gerai kosmetik. Produk tersebut di antaranya lipstik, lip balm, maskara, dan highlighter. Produk tersebut lebih berisiko karena permukaannya lembap dan membuat kuman mudah menempel. Apalagi setiap orang yang mencoba menggunakan produk tersebut pada bagian mata dan bibir sehingga rentan menyebabkan infeksi.

Produk tester lain yang patut diwaspadai adalah concealer dan highlighter. Bakteri yang terdapat pada make-up bisa memicu timbulnya jerawat di wajah.

"Produk bertekstur bubuk seperti blush on dan eyesadow sedikit lebih aman digunakan. Namun, pastikan untuk membersihkannya dengan tisu dan menggunakan kuas bersih," ujar Susie.

Hindari menggunakan produk tester make-up di wajah

Oleskan sampel produk make-up pada tangan atau pergelangan tangan. Hindari menggunakannya secara langsung pada wajah. Untuk produk perawatan bibir, ulaskan di telapak tangan bukan pada punggung tangan. Warna telapak tangan lebih menyerupai warna bibir dibandingkan punggung tangan.

Bersihkan produk make-up terlebih dulu sebelum menggunakannya

Sebelum mencoba produk tester make-up, bersihkan bagian permukaan produk dengan cairan pembersih atau alkohol. Ulaskan tisu atau kapas yang telah diberi alkohol pada permukaan produk untuk mengangkat lapisan atas yang kemungkinan terpapar bakteri dan kuman. Kemudian, Anda bisa menggunakan alat perantar lain, seperti cotton bud, untuk mengambil sampel produk dan oleskan pada punggung tangan.

Gunakan sampel make-up baru

Untuk beberapa produk make-up yang tak bisa dibersihkan, seperti maskara, lip gloss, dan foundation cair, Anda tak perlu ragu untuk meminta produk sampel yang baru.

 "Aku sudah meminta sampel baru kepada petugas gerai beberapa kali, dan 9 dari 10 kali banyak orang melakukannya," kata Susie.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini