Share

Puncak Hari Kanker Sedunia, Anies Baswedan Ungkap Peningkatan Deteksi Dini Kanker di Jakarta

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 14:15 WIB
$detail['images_title']
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: April/Okezone)

JAKARTA menjadi salah satu kota besar tempat pasien-pasien kanker menjalani pengobatan dari seluruh Indonesia. Sehingga, puncak dari peringatan Hari Kanker Sedunia digelar di Jakarta, pada Selasa, 13 Februari 2018.

Bertempat di Museum Seni Rupa dan Keramik, puncak peringatan Hari Kanker Sedunia tahun ini diberi tajuk Kita Bisa Aku Bisa Mencegah dan Melakukan Deteksi Dini Kanker. Dalam acara tersebut, terdapat beberapa pemeriksaan kesehatan, seperti tekanan darah, kadar gula darah, berat dan tinggi badan, lingkar perut, konsultasi dokter, dan juga tes IVA bagi wanita.

Lengkapnya puncak peringatan yang berlangsung, pun dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, seperti Gubernur DKI Jakarta, yaitu Anies Baswedan, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, yakni Nila Moeloek, juga pejabat pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Acara dibuka oleh pembacaan doa, selanjutnya sambutan dari Gubernur DKI Jakarta yang sekaligus melaporkan program pencegahan kanker yang dilakukan di DKI Jakarta pada Nila Moeloek.

"DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan sudah melakukan pelatihan deteksi dini kanker disetiap puskesmas di kecamatan. Ada ambulan untuk melakukan pemeriksaan secara langsung," ucap Anies dalam sambutannya.

Anies juga menuturkan di puskesmas di seluruh Jakarta sudah bisa menindak lanjuti hasil tes iva yang positif. DKI jakarta juga sudah melakukan vaksin HPV pada anak perempuan yang duduk di kelas 5 dan 6 sekolah dasar.

"Pelatihan kader juga telah dilakukan untuk bantu perawatan pasien kanker di rumah, mendekatkan dan melakukan akses deteksi dini kanker. Upaya ini menunjukan peningkatan jumlah pemeriksaan deteksi dini kanker dibanding tahun 2016," lanjut Anies.

Dalam acara puncak peringatan Hari Kanker Sedunia ini, juga dimeriahkan oleh penampilan dari dokter-dokter yang membentuk grup band dan grup tari. Dokter-dokter yang menghibur para tamu tampil membawakan lagu yang tengah hits, seperti Perfect dari Ed Sheeran.

Untuk menggenapi puncak acara, diadakan pula talkshow yang menghadirkan Menteri Kesehatan sebagai salah satu narasumber, bagi-bagi hadiah berupa sepeda, wadah penyimpanan, dan lainnya. Acara puncak juga diisi oleh peluncuran bus TransJakarta yang didesain khusus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini kanker, yang diluncurkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)