Share

Orang dengan Indera Penciuman Baik Memiliki Hubungan Seksual Berkualitas, Benarkah?

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 14:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Zebrapen)

APAKAH Anda memiliki indera penciuman yang baik? Well, bila iya, maka Anda cenderung memiliki hubungan seksual yang berkualitas dan frekuensi bercinta yang tinggi. Benarkah?

Ya, demikian hasil penelitian yang disebutkan oleh sexpert dan psikolog Elizabeth Santosa. Wanita yang akrab disapa Miss Lizzie itu mengungkapkan hasil riset Croy, Bojanowski, Hummel (2012). Lebih lanjut, mereka yang memiliki indera penciuman baik tidak terlalu memiliki sifat pencemburu.

"Sebaliknya, seseorang yang tidak memiliki indera penciuman yang baik biasanya frekuensi bercintanya rendah, dia mempunyai sifat cemburuan, insecure terhadap hubungan, dan hanya memandang daya tarik seseorang melalui visual semata," papar Miss Lizzie dalam acara peluncuran Fiesta Flavalicious di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu 14 Februari 2018.

Sebagian besar orang memang cenderung fokus terhadap hal-hal yang bersifat visual, seperti penampilan fisik seseorang. Sehingga menghiraukan aroma, padahal aroma bisa menarik perhatian dan meningkatkan atraksi terhadap lawan jenis dan persepsi sosial.

Peran aroma dalam meningkatkan gairah seksual, dijelaskan Lizzie dikenal dengan sebutan afrosidiak. Aroma afrodisiak telah terbukti dapat merangsang gairah seksual dan secara signifikan meningkatkan aliran darah pada area seksual lelaki maupun perempuan.

Manusia pun secara alamiah akan tertarik pada aroma yang baik. Bahkan, aroma yang terasa sedap dihirup bisa meningkatkan daya pikat seseorang.

Salah satu contohnya, dalam hampir setiap iklan parfum seringkali memperlihatkan sosok pria yang jantan dan wanita bernuansa sensual dan menggoda. Dalam sebuah penelitian lain yang disebutkan Lizzie pun disebutkan bahwa pria atau wanita lebih tertarik dengan lawan jenis yang memiliki aroma baik.

"Secara psikologis, afrosidiak juga dapat memberikan sensasi menyenangkan ketika digunakan. Bahkan aroma parfum lawan jenis juga bisa meningkatkan atraksi orang-orang di sekitarnya," tambah Lizzie.

Nah, khusus untuk aroma yang berhubungan dengan seksual atau keintiman sejatinya bisa ditemukan dalam beberapa bahan alami. Sebut saja stroberi dan anggur.

Stroberi diasosiasikan memiliki aroma yang segar, warna yang terang, tekstur yang berair, dan manis. Lantas, bagaimana dengan anggur?

"Anggur dikenal seperti batu permata atau berlian karena bentuknya yang kecil-kecil. Anggur dianggap sebagai salah satu simbol terbaik di dunia untuk seduction, romantis, cinta, dan kesuburan," kata Lizzie.

"Dahulu, anggur menjadi makanan perayaan saat masyarakat Romawi selesai berperang. Dalam beberapa film pun kehadiran anggur dianggal sebagai simbol kekayaan dan leisure. Bukan hanya simbol cinta, anggur juga bisa menjadi simbol afeksi," lanjutnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)