Share

Rayakan Imlek, Soraya Larasati Kangen Makanan Buatan Nenek

Vessy Frizona, Okezone · Jum'at 16 Februari 2018 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 16 298 1860438 rayakan-imlek-soraya-larasati-kangen-makanan-buatan-nenek-rDGyJqcnA7.jpg Soraya Larasati (Foto: Vessy/Okezone)
A A A

TAHUN Baru China atau Imlek identik dengan pesta dan bagi-bagi angpau. Namun, tak lengkap rasanya bila tak ada hidangan spesial untuk disantap bersama keluarga besar.

Lahir dengan keturunan Tionghoa, Soraya Larasati terbiasa merayakan Imlek setiap tahun bersama keluarga, baginya Tahun Baru China tak lebih dari sekadar silaturahmi dan kumpul-kumpul bersama sanak saudara yang sudah lama tak berjumpa.

Pada perayaan imlek kali ini, artis yang sekarang sudah menjadi muslim dan berhijab itu tetap larut dalam suka malam tahun baru Imlek. Ditemui Okezone di Hotel Grand Sheraton, Jakarta, belum lama ini, Soraya terlihat berkumpul bersama keluarga untuk makan malam bersama menjelang Imlek. 

Meski makanan yang disantap kali ini adalah hidangan hotel berbintang, Soraya justru merindukan masakan khas ala keluarganya yang dimasak langsung oleh sang nenek khusus pada hari Imlek. 

"Biasanya pada malam menjelang imlek keluarga saya makan bersama diluar, seperti malam ini. Besoknya, tepat saat Imlek barulah kami berkumpul di rumah nenek. Waktu nenek masih hidup, nenek selalu masak makanan yang enak-enak khusus untuk Imlek," kenang Soraya mengawali perbincangan.

Soraya bercerita bahwa masakan yang dimasak oleh mendiang neneknya adalah menu-menu chinese food ala rumahan. Tapi soal rasa, nikmatnya mengalahkan restoran-restoran China yang ada di tempat lain.

"Ada ayam goreng, pindang bandeng, udang telor asin, bakso ikan, dan  bebek packing. Pokoknya semua dimasak lebih gurih dan lebih enak. Makanan dimasak spesial Imlek, karena ini saatnya kita sekeluarga makan mewah, sampai pauhi pun ada (masakan dari daging hiu)," ungkapnya.

Bagi Soraya Imlek adalah saat melampiaskan selera. Semua makanan dimasak sesuai dengan selera lidah keluarga kami. Walau makanan non-halalnya pun ada. 

"Kalau orang China lidahnya peka terhadap rasa. Jadi kalau makan di restoran-restoran kurang bumbu atau apa, saat Imlek kita sekeluarga bisa makan yang sesuai selera. Bahkan nenek juga menyediakan makanan non-halal untuk keluarga saya yang non-muslim," bebernya.

Sementara itu, Soraya sendiri mengaku kalau dirinya tak pernah terlibat dalam acara masak memasak. Ia hanya tahu bagaimana cara menghabiskannya.

"Saya enggak pernah bantu masak. Tapi karena sekarang sudah menikah, kumpul-kumpul pas Imlek saya datang bawa kue kering. Ada kastengel, nastar, putri salju, ya kue kecil saja," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini