Share

Pohon Raksasa Ditemukan di Hutan Kalimantan Selatan, Besarnya Luar Biasa

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 19 406 1861409 pohon-raksasa-ditemukan-di-hutan-kalimantan-selatan-besarnya-luar-biasa-NTp1KW9IBt.jpg (Foto: Tim Laman)

PARINGIN - Kelompok pemuda pecinta lingkungan Forum Komunitas Hijau (FKH) Citra Sanggam Balangan, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, saat jelajah hutan di Kecamatan Halong, menemukan sebuah pohon berukuran sangat besar.

“Pohon itu sangat besar dan mungkin untuk mengelilingi pohon itu memerlukan setidaknya delapan orang dengan berpegangan tangan,” kata Ketua FKH Citra Sanggam Balangan, Fahnor di desa Panggung, Paringin Selatan, Senin (19/2/2018).

Pohon yang ditemukan tersebut secara tak sengaja, dikala para anak muda FKH menjelajah hutan untuk mengindentifikasi tanaman buah-buahan endemik Kalimantan yang ada di kecamatan tersebut.

Setelah melihat ada sebuah pohon yang menjulang mereka pun mendekati pohon tersebut dan ternyata pohon tersebut sangat besar.

Mereka sendiri kurang mengetahui jenis pohon tersebut tetapi diperkirakan pohon tersebut adalah yang biasa disebut sebagai pohon kusi.

Tampaknya pohon tersebut pernah disarangi lebah di atasnya, karena ada bagian-bagian pohon yang berbekas orang naik, diberi paku dan bekas sabetan parang untuk lokasi alat sarana menaiki pohon tersebut.

"Kita sempat berfoto di pohon yang tepatnya berada di Desa Mentuyan," kata Adie seorang anggota FKH Cita Sanggam yang ikut dalam penjelasan tersebut.

Menurut pecinta lingkungan ini, pohon tersebut sudah sewajarnya dilestarikan, karena itu merupakan warisan alam yang tertingal, dan diperkirakan usianya ratusan tahun dan boleh jadi ribuan tahun.

(Baca Juga: Pohon-pohon Raksasa di Dunia, Nomor Dua Ada di Indonesia)

Mereka berharap pemilik lahan ikut memelihara tanaman langka itu untuk anak cucu kedepan, baik sebagai sarana pendidikan dan sarana penelitian.

Kepada pemerintah Kabupaten Balangan atau pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mereka berharap juga memiliki perhatian terhadap pohon itu, kalau perlu untuk pelestariannya dibeli saja lahan tersebut oleh pemerintah.

(Baca Juga: Pohon-Pohon Spektakuler di Dunia, Bentuknya Bisa Bikin Tercengang)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini